Kompas TV video vod

Resmi! Kini Tak Ada Lagi Lintasan Zig-zag dan Angka 8 dalam Ujian Praktik SIM C, Ini Gantinya

Kompas.tv - 8 Agustus 2023, 16:30 WIB
Penulis : Dea Davina

KOMPAS.TV - Satu per satu peserta yang akan membuat SIM C mengikuti sejumlah tes. Salah satunya uji praktik berkendara.

Di lapangan, Satuan Penyelenggara Administrasi SIM Satuan Lalu Lintas Polresta Bandung, Jawa Barat, meminta warga berkendara melintasi jalan yang sudah diubah, disesuaikan dengan permintaan Kapolri dan kebutuhan berkendara masyarakat.

Kapolresta Bandung menjelaskan, beberapa rintangan yang diubah yakni menghilangkan rintangan zig-zag serta angka delapan, dan diganti dengan rintangan huruf s. Beberapa tambahan seperti traffict light dan rambu lalu lintas, juga turut ditambahkan.

Dengan lintasa baru ini, diharapkan masyarakat akan lebih mudah saat menjalani ujian praktik SIM. Lintasan baru juga lebih relevan dengan kondisi jalan sehari-hari.

Di bengkulu, lintasan baru uji pembuatan SIM C mulai diterapkan di 10 polres jajaran di provinsi bengkulu.

Perubahan lintasan yang sebelumnya berbentuk angka 8 dan zig-zag menjadi huruf S ini dilakukan atas tindak lanjut dari keluhan masyarakat yang merasa kesulitan dalam mengikuti uji lintasan pembuatan SIM.

Penerapan awal dilakukan oleh anggota Satlantas dan diikuti oleh pemohon SIM.

Meski baru diterapkan, lintasan baru uji SIM ini tidak kalah efektif dengan lintasan yang sebelumnya, sehingga menghasilkan pengemudi yang andal saat berada di jalan raya.

Di Makassar, Sulawesi Selatan, Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan dan Polrestabes Makassar telah mengubah materi praktik ujian SIM C di Satpas Spn Batua Makassar.

Dari angka 8 diubah menjadi huruf S yang diameter tikungannya diperlebar.

Selain itu, tidak terlihat lagi jalur zig-zag pada sirkuit ini.

Tes praktik ini hanya untuk uji pengereman dan U-turn.

Selain itu, perubahan ini juga sebagai bentuk peningkatan pelayanan anggota Polri untuk masyarakat dalam pengurusan SIM.

Peresmian perubahan lintasan uji praktik SIM C, dilakukan serentak per hari Senin (07,08) kemarin di seluruh jajaran Sat Lantas Polres, Polresta, dan Polrestabes se-Indonesia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x