Kompas TV video vod

Usai Rafale dan Mirage, Kini Prabowo Borong 2 Lusin Pesawat Tempur F-15EX Baru

Kompas.tv - 23 Agustus 2023, 20:27 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Usai memborong Pesawat Tempur Daso Rafale dan Mirage bekas Qatar, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kini memborong 24 unit pesawat F-15EX.

Di Kantor Boeing di Saint Louis Missouri, Amerika Serikat, Prabowo menyaksikan langsung penandatanganan nota kesepahaman pengadaan 24 unit Pesawat Tempur F-15EX baru.

F-15EX adalah varian terbaru keluarga pesawat tempur multi peran F-15.

F-15EX diklaim memiliki sejumlah keunggulan dibanding pesawat tempur lain, antara lain muatan lebih banyak, integrasi berbagai jenis senjata, konektivitas dengan sistem tempur lain dan struktur kuat yang diklaim memperpanjang umur layanan.

Keluarga F-15 pun digunakan oleh 7 negara dunia, termasuk Negeri Jiran Singapura.

Menanggapi rencana Prabowo yang akan memborong 2 lusin F-15EX, Anggota Komisi Pertahanan DPR, Dave Laksono menyatakan pengadaan pesawat tempur harus melalui pertimbangan yang matang, baik dari aspek keberlanjutan operasional maupun kemampuan ekonomi negara.

Sebelum mengumumkan MoU pembelian 24 unit F-15EX, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah memesan sejumlah pesawat tempur lain yakni 42 unit Rafale, 24 di antaranya sudah aktif kontraknya dan 12 unit Mirage bekas Qatar.

Upaya memboyong pesawat-pesawat ini untuk meregenerasi pesawat tempur lama TNI AU maupun mengejar pemenuhan kekuatan pokok minimum.

Baca Juga: [FULL] Penyerahan Pesawat C-130J-30 Super Hercules dari Kemenhan ke TNI AU

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x