Kompas TV video sinau

Benarkah Orang yang Bertato Tidak Bisa Donor Darah? | SINAU

Kompas.tv - 14 November 2023, 21:51 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV -  Donor darah merupakan kegiatan memberikan darah secara sukarela untuk tujuan transfusi darah bagi orang yang membutuhkan.

Nah, bolehkah orang bertato jadi donor darah? Pasalnya ada anggapan yang beredar di masyarakat orang yang memiliki tato tidak bisa donasi darah.

Berikut Syarat Donor Darah

  • Sehat secara jasmani dan rohani
  • Rentang usia mulai dari  17-65 tahun
  • Berat badan minimal 45 kilogram
  • Tekanan darah: sistole 100-170, diastole 70-100
  • Kadar hemoglobin 12,5 g persen-17,0 g persen

Selain itu donasi darah dapat dilakukan dengan jarak minimal 12 minggu atau 3 bulan dari donasi darah sebelumnya. Singkatnya, seseorang hanya boleh donor darah 5 kali dalam 2 tahun.

Orang Bertato Donor Darah

Palang Merah Indonesia (PMI) menegaskan orang yang bertato tidak bisa langsung donor darah. Sebab, harus ada jeda waktu 1 tahun sejak tubuhnya ditato, ini untuk menghindari risiko hepatitis atau peradangan hati.

Ketetapan mengenai orang bertato yang hendak donor darah diatur dalam  Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 91 Tahun 2015.

Peraturan tersebut menegaskan: Mentato dan menindik anggota tubuh termasuk dalam kategori penolakan sementara jadi donor darah.

Melansir dari Kompas.com Ketua Bidang Pengembangan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat Linda Lukitar Waseso menegaskan,"Orang bertato boleh mendonorkan darah, asalkan tidak memiliki penyakit tertentu’’.

Linda kembali menegaskan, tato tersebut harus dibuat di tempat berlisensi ini untuk memastikan keamanan jarum dari penyakit menular seperti HIV, hepatitis B, C. Nah, sebelum jadi donor orang bertato akan menjalani wawancara juga mengisi form.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurus NPWP Hilang atau Rusak? | SINAU

Editor Video: Joshua Victor 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x