Kompas TV video vod

Analisa Peta Politik Pertarungan 3 Capres-Cawapres di Jawa Timur

Kompas.tv - 28 Desember 2023, 13:35 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV – Lagi-lagi sentra suara pemilih terbesar di Jawa diperebutkan. Setelah Jawa Tengah, kini Jawa Timur.

Saat ini Pemerintahan Provinsi Jawa Timur ada di bawah kendali Khofifah Indar Parawansa.

Sementara untuk Pemilu 2024, Khofifah yang sudah digaet Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto bertekad akan memenangkan Prabowo-Gibran di wilayahnya.

Meski demikian, Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan mengaku optimistis dapat meraup suara pemilih Jatim meski Khofifah, sang Gubernur mendukung Prabowo-Gibran.

Anies meyakini dua partai koalisinya, yakni Nasdem dan PKB memiliki jangkauan untuk memenangkan pasangan Anies-Muhaimin di Jawa Timur.

Sementara itu, Calon Presiden Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo menanggapi santai. Ganjar menghormati pilihan politik semua orang.

Namun Ganjar optimistis, setelah Jateng wilayah Jawa Timur juga bisa menjadi lumbung suara lewat cawapresnya, sosok Mahfud Md.

Data KPU pada pemilu 2024, jumlah pemilih tertinggi di Pulau Jawa adalah Jawa Barat dengan 35,7 juta orang di 140.000 tempat pemungutan suara atau TPS.

Tertinggi kedua Jawa Timur dengan 31,4 juta orang di 120.000 TPS dan jumlah pemilih tertinggi ketiga Jawa Tengah dengan 28,2 juta orang di 117.000 TPS.

Kini tinggal bagaimana strategi ketiga paslon untuk merebut hati para pemilih di tiga lumbung suara pemilih jelang pilpres, 14 Februari 2024.

Baca Juga: Jadwal Kampanye Capres-Cawapres Hari Ini: AMIN ke Jatim, Ganjar di Jakarta

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x