Kompas TV video vod

Panelis dan Moderator Debat ke-3 Pilpres Mulai Jalani Karantina

Kompas.tv - 6 Januari 2024, 07:46 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - KPU mengumumkan 11 panelis dan 2 moderator debat ke-3 pilpres 2024.

KPU menyebut 11 panelis itu akan merumuskan perntanyaan mengenai tema debat, yaitu pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Mulai Jumat (5/1/2024) malam, para panelis dan moderator akan menjalani karantina.

KPU menjelaskan format, alur dan durasi waktu debat tidak akan mengalami perubahan sebagaimana debat ke-2.

Litbang Kompas merilis hasil jajak pendapat jelang debat ke-3 pilpres 2024 secara acak terhadap 394 responden di 34 provinsi. Jejak pendapat ini terkait topik debat ketiga pilpres bidang pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Sebanyak 29,2% dari total responden menyebut sumber daya manusia di bidang pertahanan menjadi prioritas pembahasan, kemudian sebanyak 18% responden menyebut penanganan konflik antar pulau.

Kemudian 13,8% responden berpendapat alutsista dan teknologi pertahanan menjadi prioritas pembahasan, diikuti 11% responden yang berharap pengamanan batas wilayah menjadi prioritas.

Prioritas lain yang diharapkan untuk dibahas meliputi anggaran pertahanan, industri pertahanan dan kesejahteraan prajurit TNI.

Jajak pendapat Litbang Kompas juga menanyakan kepada responden dari tema debat mengenai pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik, tema mana yang lebih penting untuk dibahas?

Sebanyak 40,6% responden berpendapat isu keamanan merupakan yang terpenting, diikuti 30,3% responden memilih isu pertahanan menjadi yang lebih penting untuk dibahas, kemudian diikuti isu hubungan internasional dan geopolitik.

Di dalam isu keamanan, sebanyak 33,1% responden menyoroti masalah kinerja polisi, diikuti 18,2% responden menyoroti masalah layanan administrasi kepolisian seperti pengurusan SIM dan pajak kendaraan.

Kemudian 13,8% responden menyoroti netralitas polisi, 11,7% responden memilih soal aksi terorisme dan diikuti 10,7% responden menyoroti soal perang informasi.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x