Kompas TV video vod

Sri Mulyani Buka Suara Terkait Pembahasan APBN untuk Program Makan Siang Gratis

Kompas.tv - 27 Februari 2024, 14:57 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemenang pemilu 2024 belum diumumkan oleh KPU, namun rapat kabinet pada Senin (26/2/2024) kemarin menyinggung program makan siang dan susu gratis yang digagas paslon Prabowo-Gibran.

Presiden Jokowi bilang akan mengakomodasi program-program yang dicanangkan presiden terpilih di pemilu 2024.

Pemenang Pemilu 2024 padahal belum diumumkan oleh KPU namun rapat kabinet yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo sudah menyinggung program makan siang dan susu gratis yang digagas paslon Prabowo-Gibran.

Hal ini diungkapkan presiden saat memimpin sidang kabinet paripurna membahas Rencana Kebijakan Fiskal Pemerintah dan Rancangan Ekonomi Makro Indonesia tahun 2025, termasuk RAPBN tahun 2025.

Sebelumnya beredar kabar sidang kabinet paripurn  juga akan membahas program makan siang gratis yang digagas pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran.

Presiden memang tidak secara gamblang menyebut sidang kabinet ini membahas program makan siang gratis, namun Jokowi memastikan Rancangan Kebijakan Fiskal 2025 akan mengakomodasi program-program dari presiden terpilih di pilpres 2024.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun buka suara soal program makan siang gratis dan anggarannya. Sri Mulyani bilang anggaran program makan siang gratis baru akan dihitung sebulan ke depan setelah ada pengumuman dari KPU.

Sementara Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan program-program utama capres cawapres Prabowo-Gibran, salah satunya program makan siang gratis dapat mulai dilaksanakan tahun depan jika resmi ditetapkan KPU sebagai pemenang pilpres.

Airlangga bilang program ini dapat berlanjut meskipun pengeluaran negara akan lebih besar dari pendapatan atau defisit APBN sekitar 2,4% hingga 2,8 %.

Meski menimbulkan pro dan kontra terkait besarnya  anggaran yang akan dikeluarkan, makan siang gratis menjadi salah satu program unggulan yang dijanjikan paslon capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka pada saat kampanye.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x