Kompas TV video vod

Erina Mantu Jokowi Masuk Bursa Cabup, Pakar: Jokowi Presiden Paling Berhasil Bangun Dinasti

Kompas.tv - 13 Maret 2024, 01:30 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

KOMPAS.TV - Usai anak presiden maju sebagai calon wakil presiden pemilu 2024, kini giliran mantu presiden, Erina Gudono masuk bursa Bakal Calon Bupati Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Erina yang sebelumnya kerap mendampingi Sang Suami, Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dinilai punya peluang besar maju sebagai calon bupati.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman menyebut Erina dipilih karena masuk jajaran tokoh perempuan dan yang terpenting keluarga Erina  "all out" berjuang memenangkan Pasangan Prabowo-Gibran di Sleman.

Keresahan publik terkait dinasti politik sempat terekam dalam Survei Litbang Kompas pada 16 hingga 18 Oktober 2023.

Sebanyak 63,7 persen dari 512 responden setuju harus ada aturan yang membatasi agar praktik politik dinasti bisa dihindari. 23,2 persen menjawab tidak setuju dan 13,1 persen tidak tahu.

Sementara itu soal larangan politik dinasti membatasai hak politik, 47,2 persen reponden menjawab setuju, 41,9 persen tidak setuju dan 10,9 persen tidak tahu.

Politik dinasti dipandang sangat negatif oleh publik. Kekhawatiran ini menguak karena politik dinasti lebih mengedepankan kepentingan keluarga dibanding masyarakat luas.

Baca Juga: Istana Respon BEM UGM Nobatkan Jokowi Alumnus Memalukan Karena Masalah Demokrasi, MK, dan Dinasti

#politikdinasti #erinagudono #jokowi #sleman




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x