Kompas TV video vod

Cegah Penumpukan Pemudik Puncak Arus Balik, Menhub Tambah Trip Kapal Jadi 146

Kompas.tv - 14 April 2024, 16:49 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Memasuki puncak arus balik dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten mulai tampak ramai pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Arus balik terpantau padat sejak Minggu (14/4/2024) siang, terutama kendaraan yang keluar dari kapal dan telah menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung ke Pelabuhan Merak Dermaga 7 atau Reguler, Kota Cilegon, Banten.

Pemudik yang tiba di Pelabuhan Merak Dermaga 7 Reguler hingga keluar pelabuhan ini mulai pengendara roda empat dan roda dua hendak kembali melanjutkan perjalanan ke sejumlah daerah di Pulau Jawa.

Ratusan  pemudik dari Sumatera menuju ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Panjang Bandar Lampung ke Ciwandan Banten antre melakukan registrasi pembelian tiket.

Para pemudik registrasi melalui Aplikasi Ferizy.

Proses pendaftaran pembelian tiket dibantu oleh pihak ASDP.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menginstruksikan untuk menambah jumlah trip atau penyeberangan kapal di Jalur Pelabuhan Bakauheni – Merak.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi potensi penumpukan kendaraan di area pelabuhan.

Menhub menyebut akan ada penambahan jumlah trip kapal dari yang biasanya hanya 131, kini menjadi 146 trip penyeberangan.

Selain jumlah trip bertambah pengelola pelabuhan juga diminta untuk membatasi waktu sandar kapal di pelabuhan.

Baca Juga: Puncak Arus Balik Lebaran, Begini Kepadatan di Jalur Arteri Karawang

#arusbalik #menhub #pelabuhanbakauheni



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x