Kompas TV video vod

Debat Panas Israel dan Iran Berhadapan di PBB Setelah Serangan Drone-Rudal

Kompas.tv - 15 April 2024, 13:21 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPASTV - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadakan pertemuan darurat pada hari Minggu (14/4/2024). 

Pertemuan digelar untuk membahas serangan Iran terhadap Israel. 

Pada momen itu sempat perang kata antara Duta Besar Iran untuk PBB Amir Saeid Iravani dengan Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan.

“Mereka salah. Anda salah. Serangan ini melanggar setiap garis merah, dan Israel mempunyai hak hukum untuk membalas. Kami bukan katak dalam air mendidih. Kita adalah bangsa singa,” kata Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan.

Israel menyerukan kepada Dewan ini untuk mengambil tindakan nyata melawan rezim Ayatollah. 

“Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran melakukan serangkaian serangan militer terhadap sasaran militer Israel dengan ribuan rudal dan drone.

Kesimpulannya, tindakan ini perlu dan proporsional. Tindakan tersebut tepat dan hanya menyasar tujuan militer serta dilakukan dengan hati-hati untuk meminimalkan potensi eskalasi dan mencegah kerugian sipil,” kata Duta Besar Iran untuk PBB Amir Saeid Iravani.

Lebih lanjut Iran ingatkan Amerika tidak ikut campur.

“Namun, jika AS memulai operasi militer terhadap Iran, warga negaranya, atau keamanan dan kepentingannya, Iran akan menggunakan hak yang dimilikinya untuk merespons secara proporsional,” ungkap Amir. 

Video Editor: Galih
#israel #iran #sidangpbb

Baca Juga: Ini Kata Sekjen PBB Antonio Guteres usai Iran Luncurkan Drone-Rudal ke Israel

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x