Kompas TV advertorial
advertorial

Pentingnya Deteksi Dini Masalah Sendi Biar #TuaTuaLincah

Kompas.tv - 13 Februari 2024, 11:30 WIB
pentingnya-deteksi-dini-masalah-sendi-biar-tuatualincah
Merujuk pada data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2018, prevalensi penyakit sendi di Indonesia tercatat sekitar 7,3 persen dengan angka yang cukup tinggi pada usia di atas 55 tahun. (Sumber: Dok. RS Siloam)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Tulang dan sendi merupakan bagian penting dalam susunan tubuh manusia. Untuk bisa bergerak normal, diperlukan kondisi tulang dan sendi yang prima, karena hampir semua gerakan tubuh manusia melibatkan peranan keduanya.

Namun, seiring bertambahnya usia kemampuan fisik akan semakin menurun, begitu juga dengan tulang dan sendi yang semakin melemah. Inilah yang membuat orang dewasa usia di atas 40 tahun dan lansia rentan mengalami gangguan tulang dan sendi.

Merujuk pada data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2018, prevalensi penyakit sendi di Indonesia tercatat sekitar 7,3 persen dengan angka yang cukup tinggi pada usia di atas 55 tahun.

Baca Juga: Grup RS Siloam Jalin Kerja Sama dengan Asan Medical Center Korea Selatan

Pada rentang usia 55–64 tahun, prevalensi penyakit sendi sekitar 15,5 persen dan usia 65–74 tahun mencapai 18,6 persen. Meski banyak menyerang lansia, penyakit sendi juga mulai meningkat prevalensinya di usia 34–54 tahun.

Untuk itu, kepedulian terhadap kesehatan tulang dan sendi harus ditingkatkan. Pasalnya, ada banyak penyakit sendi yang kerap menyerang orang dewasa usia di atas 40 tahun dan lansia.

RS Siloam menghadirkan kampanye #TuaTuaLincah untuk menginspirasi masyarakat luas bahwa usia bukan halangan untuk bisa bergerak lincah. (Sumber: Dok. RS Siloam)

Mulai dari pengapuran hingga peradangan sendi dan tulang, yang membuat penderitanya kesulitan untuk bergerak dengan leluasa.

Melihat kondisi ini, RS Siloam menghadirkan kampanye #TuaTuaLincah untuk menginspirasi masyarakat luas bahwa usia bukan halangan untuk bisa bergerak lincah, sekaligus mengedukasi pentingnya melakukan skrining kesehatan tulang dan sendi sejak dini.

Anggapan bahwa lansia erat kaitannya dengan nyeri sendi dan susah bergerak sudah tidak relevan lagi, karena berapapun usianya, permasalahan tulang dan sendi dapat diatasi dengan perawatan serta tindakan ortopedi yang tepat.

Baca Juga: Datangi Rumah Sakit Siloam Lippo Village, Komunitas Pecinta Star Wars Hibur Pasien!

RS Siloam menyediakan layanan ortopedi komprehensif yang didukung oleh dokter spesialis multidisiplin dan fasilitas memadai untuk membantu Sahabat Siloam bisa kembali bergerak aktif.

Layanan yang tersedia meliputi konsultasi, pemeriksaan menyeluruh, perawatan medis, dan bedah untuk masalah tulang dan sendi akibat cedera, patah tulang, artritis, osteoporosis, cedera tulang belakang, operasi penggantian lutut dan panggul, sampai dengan rehabilitasi medis supaya pulih lebih cepat.

Mari lebih peduli dengan kesehatan tulang dan sendi sejak dini. Kenali gejalanya, lakukan skrining segera supaya Anda bisa terus jadi #TuaTuaLincah.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x