> >

Bantah Efek Serius Vaksinasi Covid-19 Anak Lebih Tinggi dari Dewasa, Komnas KIPI Buka Data

Kesehatan | 26 Januari 2022, 15:19 WIB
Komnas KIPI sebut efek samping dari pemberian vaksinasi Covid-19 pada anak lebih rencah dibanding dewasa.  (Sumber: AP Photo/Binsar Bakkara)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Hindra Irawan membantah bahwa KIPI atau efek samping dari pemberian vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 lebih tinggi dibandingkan orang dewasa. 

Hindra menyebut berdasarkan hasil uji klinis dan temuan lapangan menujukkan tidak ada efek yang serius dari penyuntikan vaksinasi Covid-19.

Kalaupun ada, kata dia, KIPI pada anak sifatnya cenderung ringan dan mudah diatasi.

“Dari segi umur, KIPI pada usia muda lebih rendah dari yang usia produktif dan lansia. Jadi tidak benar jika KIPI pada anak lebih tinggi,” kata Hindra dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Rabu (26/1/2022). 

Menurut penjelasannya, persentase KIPI serius berdasarkan kelompok usia 31-45 tahun jumlah laporan KIPI sebanyak 122 kasus, pada usia 18-30 tahun 97 kasus, usia di atas 59 tahun 77 kasus, usia 46-59 tahun 68 kasus. 

Sementara untuk usia 12-17 tahun terdapat 19 kasus, dan untuk usia 6-11 tahun dilaporkan ada 1 kasus KIPI serius.

Dengan tingkat KIPI serius yang jauh lebih rendah, lanjut Hindra membuktikan bahwa pemberian vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun aman.

“Dari uji klinis fase 1 dan 2 vaksin Sinovac yang telah kami lakukan pada anak dan remaja usia 3-17 tahun menunjukkan bahwa reaksi yang dialami cenderung ringan, mayoritas mengalami nyeri lokal, diikuti demam dan batuk. Juga tidak ada laporan yang KIPI serius pada kelompok yang diberi vaksin,” ujarnya. 

Sementara untuk vaksin Pfizer, dia menyebut efek samping yang paling dominan muncul adalah kemerahan, kemudian kelelahan, sakit kepala dan menggigil.

Baca Juga: Pfizer Mulai Ujicoba Vaksin Formula Baru untuk Melawan Omicron

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU