Kompas TV video cerita indonesia

Menikmati Kuliner Nasi Cumi Khas Surabaya yang Jadi Langganan Artis Ibukota

Kompas.tv - 23 September 2021, 22:00 WIB
Penulis : Herwanto

SURABAYA, KOMPAS.TV - Lapar di tengah malam adalah hal yang paling menyebalkan, karena hampir semua tempat makan sudah tutup. Eh tapi jangan khawatir, bagi anak yang tinggal di Kota Surabaya, ada sederet kuliner malam yang masih buka untuk bisa mengobati rasa lapar di tengah malam.

Nasi Cumi Pasar Atom merupakan salah satu nasi cumi legendaris di Kota Pahlawan. Kuliner ini sudah buka sejak tahun 1965.

Menu andalan kuliner malam ini adalah nasi dengan lauk cumi hitam. Soal rasa, tak perlu diragukkan lagi.

Warung Nasi Cumi Pasar Atom terletak di Jalan Waspada No 30, Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya. Kuliner ini buka 24 jam penuh. 

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Tumis Cumi Hitam a la Pasar Atom Surabaya:

Sediakan 1/2 kg cumi-cumi

Gunakan 1 buah jeruk nipis

Sediakan 1/2 buah bawang bombay

Siapkan 10 buah cabai rawit

Sediakan 4 siung bawang merah

Sediakan 3 siung bawang putih

Gunakan 1 buah sereh

Siapkan 1 buah tomat

Warung Nasi Cumi ini terletak di depan Pasar Atom di Jalan Waspada sesuai dengan namanya. Di sini, kamu bisa menikmati Nasi Cumi Peyek, Nasi Cumi Campur, dan Nasi Cumi Komplit yang masing-masing menghadirkan masakan cumi hitam khas Madura. Ketika malam hari dan lapar melanda anda bisa mencoba nasi cumi yang lokasinya di Jl. Waspada dan dekat dengan pasar Atom.

Cara menyiapkan Tumis Cumi Hitam a la Pasar Atom Surabaya:

Cuci bersih dan potong cumi yang akan digunakan, jangan lupa untuk membersihkan bagian tulang belakang dan giginya pastikan sudah dibersihkan, dan beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya

Cincang halus untuk semua bahan seperti bawang merah, bawang bombay, bawang putih, tomat dan cabai rawit. Untuk sereh digeprek saja

Panaskan minyak dan tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay sampai harum (boleh ditambahkan minyak wijen dan kecap asin-sesuai selera) setelah harum masukkan cumi yang sudah dibersihkan tadi dan tumis hingga matang merata masukkan sereh

Untuk cabai rawit sesuai selera, bisa ditambahkan juga untuk meningkatkan rasa pedas, Cumi Hitam a la Pasar Atom siap dinikmati ♥

Nasi cumi ini juga menjadi kuliner yang wajib dicoba ketika ke Surabaya dengan pilihan menu yang bervariasi. Yakni nasi campur, nasi komplit, dan nasi cumi peyek yang memiliki rasa yang tak terlupakan. Surabaya yang dikelilingi laut memanfaatkan salah satu hasil tangkapannya, yaitu cumi, menjadi makanan khas Surabaya. Nasi Cumi ini merupakan nasi dengan campuran serundeng kelapa, mie kuning, sambal pecit, dan cumi tinta hitam. Nasi Empal Pengampon Dinamakan Nasi Cumi Waspada karena letak warung satu ini yang terletak di Jl.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Tumis Cumi Hitam a la Pasar Atom Surabaya yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x