Kompas TV bbc bbc indonesia

Presiden Ukraina Berterima Kasih kepada Jokowi atas Dukungan dan Undangan ke G20

Rabu, 27 April 2022 | 21:43 WIB
presiden-ukraina-berterima-kasih-kepada-jokowi-atas-dukungan-dan-undangan-ke-g20
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas dukungan untuk integritas kedaulatan serta undangan menghadiri pertemuan puncak G20. (Sumber: AP Photo/Efram Lukatsky)

Penulis : Vyara Lestari

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas dukungan untuk integritas kedaulatan serta undangan menghadiri pertemuan puncak G20.

Dalam cuitannya, Zelensky menulis, "Telah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Jokowi dan mengucapkan terima kasih kepadanya atas dukungan integritas kedaulatan dan teritorial, khususnya dengan posisi yang jelas di PBB."

Masalah ketahanan pangan juga dibahas, kata Zelensky.

Indonesia menjadi salah satu negara pendukung resolusi di Majelis Umum PBB awal Maret lalu yang menuntut Rusia segera mengakhiri serangan ke Ukraina.

Namun awal April lalu, delegasi Indonesia memutuskan abstain dalam pemungutan suara di Majelis Umum PBB mengenai pembekuan Rusia dari keanggotaan Dewan Hak Asasi Manusia.

Dalam pembicaraan itu, Zelensky juga menyatakan terima kasih telah diundang untuk menghadiri pertemuan G20 yang direncanakan diselenggarakan di Bali pada Oktober mendatang.

BBC News Indonesia belum mendapatkan keterangan lebih lanjut terkait undangan Ukraina ke G20. Juru bicara kementerian luar negeri Teuku Faizasyah mengatakan akan memastikan terlebih dahulu karena menyangkut pembicaraan antara kepala negara.

Pekan lalu, Menteri Keuangan AS Janet Yellen dan sejumlah pejabat tinggi keuangan dunia melakukan aksi walkout dari rapat G20 di Washington, yang dipimpin Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Mereka meninggalkan ruangan ketika pejabat Rusia berbicara, sebagai bentuk protes terbaru dari Barat terhadap invasi Moskow ke Ukraina, Rabu (20/04).

Pejabat Inggris dan Kanada juga ikut serta dalam aksi boikot tersebut, lansir kantor berita AFP.




Sumber : BBC

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x