Kompas TV regional wisata

Gaduh Catcalling di Gili Trawangan, Wakil Bupati Lombok Utara: Jangan Rusak Citra Pariwisata

Jumat, 16 September 2022 | 19:55 WIB
gaduh-catcalling-di-gili-trawangan-wakil-bupati-lombok-utara-jangan-rusak-citra-pariwisata
Ilustrasi turis berjemur di pantai Gili Trawangan. (Sumber: Kompas.tv/Vyara)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Gaduh catcalling yang menimpa dua orang pelancong domestik di Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), membuat pejabat daerah setempat buka suara.

Sebelumnya, dalam rekaman video di Tiktok, dua pelancong domestik perempuan menceritakan pengalaman buruk mereka saat berlibur di pulau kecil yang jadi destinasi wisata andalan di Lombok Utara itu.

Keduanya menyebut mengalami catcalling, yakni pelecehan seksual di ruang publik berupa kekerasan verbal seperti siulan, komentar atau ucapan bernada seksual yang meresahkan.  

Wakil Bupati Lombok Utara Danny Carter Febrianto Ridawan menyatakan, kejadian yang merusak citra pariwisata Gili Trawangan tersebut tak boleh terulang lagi.

“Jangan rusak citra pariwisata Gili Trawangan. Kejadian seperti ini tidak boleh terulang lagi," tegasnya melalui laman media sosialnya, Jumat (16/9/2022).

Baca Juga: Gubernur Zulkieflimansyah Akui Gili Trawangan Lebih Terkenal ketimbang NTB

"Apalagi saat ini, pariwisata NTB, khususnya Lombok Utara telah bangkit dan menjadi tuan rumah berbagai acara internasional. Sudah banyak peluang usaha dan lapangan kerja tercipta,” tuturnya mengimbuhkan.

Danny juga meminta pihak-pihak terkait untuk melakukan tindakan pencegahan dan pengawasan keamanan tempat wisata.

“Saya mohon kepada Dinas Pariwisata dan desa setempat, juga pihak-pihak yang terkait untuk melakukan langkah-langkah pencegahan, mengedukasi masyarakat dan meningkatkan pengawasan keamanan tempat wisata,” tulisnya.

Baca Juga: Mampir ke Gili Trawangan sebelum Konser 30 Tahun Dewa19 di Lombok, Ahmad Dhani dkk Sempat Takjub


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x