Kompas TV olahraga sports

Presiden Jokowi Tegaskan Pentingnya Pembinaan Usia Dini demi Kemajuan di Bidang Olahraga

Kompas.tv - 14 Januari 2023, 05:05 WIB
presiden-jokowi-tegaskan-pentingnya-pembinaan-usia-dini-demi-kemajuan-di-bidang-olahraga
Presiden Jokowi meninjau ajang Energen Champion Student Athletics Championship Indonesia, di Stadion Madya GBK, Jakarta, Jumat (13/01/2023) sore. Presiden juga menyaksikan pertandingan final atletik lari estafet 4×100 meter putri dan putra. (Sumber: Humas Setkab/Agung)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menekankan pentingnya melakukan pembinaan atlet dari usia dini demi memajukan prestasi di bidang olahraga. 

Hal tersebut diucapkan Jokowi seusai menghadiri ajang Energen Champion Student Athletics Championship Indonesia, di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat (13/1/2023) sore. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyempatkan diri untuk menyaksikan pertandingan final cabang olahraga atletik lari estafet 4×100 meter putri dan 4×100 meter putra.

Saat ditemui awak wartawan, Jokowi mengatakan bahwa ajang-ajang olahraga untuk usia dini sangat penting dilakukan. 

Dengan banyaknya ajang olahraga yang digelar, maka hal itu bisa semakin meningkatkan pembinaan untuk atlet usia dini. 

“Bisa dilakukan di seluruh cabang olahraga dimulai dari tingkat yang paling bawah, entah tingkat kampung, entah tingkat kecamatan, entah tingkat desa semuanya sehingga ada pembinaan,” tutur Jokowi dilansir dari YouTube Sekretariat Presiden. 

Baca Juga: Jokowi Sebut IMS Salah Satu Arena Tertutup Paling Besar di Indonesia, Mampu Tampung 16.250 Penonton

Presiden Jokowi pun mengapresiasi Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) yang telah melakukan pembinaan serta penjaringan bibit unggul pada cabang olahraga atletik sejak dini.

Menurut orang nomor satu di Republik Indonesia itu, pembinaan yang dilakukan PASI sudah sangat bagus. 

“Saya sangat mengapresiasi, menghargai apa yang telah dilakukan oleh PASI, pembinaan dari bawah, pembinaan dari daerah, pembinaan dari sekolah, pembinaan dari madrasah, bagus sekali,” puji Jokowi. 

Lebih lanjut, Jokowi juga mengatakan bahwa atletik adalah cabang olahraga yang menjadi dasar dari olahraga lainnya. Maka dari itu, penting untuk cabang olahraga lain bisa belajar atletik demi meningkatkan fisik atlet. 

“Sepak bola tanpa sebuah speed, kecepatan lari, kalah. Futsal juga perlu atletik, lompat jauh juga perlu atletik, semuanya basic-nya ada di sini,” imbuhnya. 

Dilansir dari laman setkab.go.id, Energen Champion Student Athletics Championship Indonesia diselenggarakan pada 11 hingga 13 Januari 2023. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x