Kompas TV bisnis kebijakan

DPR Desak Kemendag Segera Atasi Lonjakan Harga Minyak Goreng

Kompas.tv - 1 November 2021, 06:40 WIB
dpr-desak-kemendag-segera-atasi-lonjakan-harga-minyak-goreng
Lonjakan harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) menjadi penyebab baiknya harga minyak goreng saat ini. DPR meminta Kementerian Perdagangan segera mengintervensi harga agar masyarakat kecil tidak kesulitan akibat melambugnnya harga minyak goreng (1/11/2021). (Sumber: KONTAN.CO.ID)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

SURABAYA, KOMPAS.TV- Anggota Komisi VI DPR RI Mufti Anam mendesak Kementerian Perdagangan (Kemendag) bergerak cepat merespons kenaikan harga minyak goreng. Menurutnya, tingginya harga minyak goreng telah menyulitkan pedagang kecil.

"Banyak pelaku usaha makanan skala UMKM yang kesulitan dengan naiknya harga minyak goreng. Saya dapat banyak pesan masuk, seperti pedagang gorengan dan PKL di Pasuruan-Probolinggo yang terhimpit kenaikan harga minyak goreng," kata Mufti seperti dikutip dari Antara, Senin (1/11/2021).

"Mau menaikkan harga jual tidak mungkin karena daya beli masyarakat belum pulih," ujarnya.

Mufti menjelaskan, kenaikan minyak goreng bisa berdampak pada ekonomi masyarakat menengah ke bawah dan berdampak pada kesehatan mereka. Sebab, warga bisa saja memakai minyak goreng berulang-ulang lantaran untuk membeli yang baru harganya sudah melonjak.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Terus Naik Sejak April, Kini Tembus Rp20.000/Kg

Berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kemendag, harga rata-rata minyak goreng curah pada Oktober 2021 adalah Rp14.489 per liter, atau naik hingga 20 persen dibanding harga Januari 2021.

Atau naik 5,07 persen dibanding September 2021, yang berada di kisaran Rp12.000. Di sejumlah pasar di wilayah Jabodetabek, harga minyak goreng ada yang mencapai Rp20.000 per liter.

“Bahkan di beberapa wilayah di Jatim kalau dicek di pusat harga pangan itu bisa Rp17.000 per liter," ujar Mufti.

Masih berdasarkan data SP2KP Kemendag, harga rata-rata kemasan sederhana pada Oktober 2021 adalah Rp14.843 per liter, naik 15 persen dibanding Januari 2021 dan naik 4,9 persen dibanding September 2021.

Baca Juga: Pembeli Hingga Penjual Keluhkan Naiknya Harga Minyak Goreng Sejak Sepekan Terakhir

Menurut Mufti, kenaikan harga minyak goreng ini adalah konsekuensi dari lonjakan harga minyak kelapa sawit mentah atau crude palm oil (CPO). Sehingga, meski pasokan di pasar memadai, harga tetap naik lantaran harga bahan bakunya juga melonjak.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x