Kompas TV bisnis kebijakan

Dukung Urban 20, Menko Airlangga Minta Isu Perkotaan Sejalan dengan Tema Presidensi G20

Kompas.tv - 17 Februari 2022, 03:15 WIB
dukung-urban-20-menko-airlangga-minta-isu-perkotaan-sejalan-dengan-tema-presidensi-g20
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjelaskan hasil rapat kabinet Paripurna, Rabu (16/2/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presidensi G20 diharapkan dapat memberikan semangat baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang bukan hanya memberikan kesejahteraan dan kemakmuran bersama, namun menjamin keberlanjutan kehidupan di masa yang akan datang.

Demikian diungkapkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat membuka diskusi virtual bertema Urban G20: Isu Perkotaan pada Presidensi G20 Indonesia, Rabu (16/2/2022). 

Menurut Airlangga fokus dari Presidensi G20 adalah penguatan sistem multilateral dan kemitraan global yang efektif untuk memastikan perekonomian dunia tetap terbuka, adil dan saling menguntungkan serta menjamin tidak ada satu pun yang tertinggal.

Khusunya kelompok miskin dan rentan. 

Baca Juga: Anies Singgung Penurunan Kemacetan Jakarta dalam Forum Urban 20

"Indonesia akan menggunakan Presidensi G20 untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara negara berkembang sehingga dapat tercipta tata kelola dunia yang lebih adil, utamanya untuk memperkuat solidaritas dunia guna mengatasi ancaman iklim dan pembangunan berkelanjutan," ujar Airlangga. 

Lebih lanjut Airlangga mengapresiasi Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022 sebagai salah satu engagement group Presidensi G20 yang mengadvokasi aspiras kota-kota besar di anggota G20 diharapkan bisa meningkatkan peran kota dalam diplomasi internasional.

Kemudian ikut berperan dalam pembuat kebijakan serta merumuskan pesan bersama dengan pendekatan perkotaan yang ditunjukkan kepada kepala negara dalam konfrensi tingkat tinggi G20.

"Saya berharap isu perkotaan yang dirumuskan Urban 20 sejalan selaras guna mendukung tema Presidensi G20 Indonesia yaitu recover together, recover stronger," ujar Airlangga.

Baca Juga: Event Presidensi G20 Jadi Momentum Kebangkitan Ekonomi Indonesia



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x