Kompas TV ekonomi keuangan

Catat, Berikut Daftar Bansos yang Cair Bulan Juli 2024

Kompas.tv - 26 Juni 2024, 12:19 WIB
catat-berikut-daftar-bansos-yang-cair-bulan-juli-2024
Ilustrasi menerima uang bantuan sosial atau Bansos BPNT. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada bulan Juli 2024, sejumlah bantuan sosial (bansos) dari pemerintah akan dicairkan. 

Bansos ini didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan ditujukan untuk masyarakat yang kurang mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Berikut adalah daftar bansos yang akan cair pada bulan Juli 2024.

Salah satu bansos yang akan cair pada bulan depan adalah bansos PKH yang merupakan salah satu bansos rutin yang diberikan pemerintah kepada penerima manfaat dari basis data terpadu.

Pencairan PKH dilakukan dalam empat tahap selama satu tahun, dan pada bulan Juli 2024 memasuki tahap kedua yang akan berlangsung hingga September.

Berikut daftar Bansos yang cair bulan Juli 2024:

1. Bansos Beras 10 kg

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan bahwa bansos beras 10 kg akan diperpanjang hingga Desember 2024.

Awalnya, program ini hanya direncanakan berlangsung hingga Juni 2024, namun anggaran yang cukup memungkinkan program ini dilanjutkan.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi juga menyatakan bahwa bansos beras akan disalurkan pada Juli, Agustus, Oktober, dan Desember tahun ini.

Penerima bansos beras ini diambil berdasarkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dan sebanyak 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima bansos beras 10 kg ini.

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu bansos rutin yang diberikan pemerintah kepada penerima manfaat dari basis data terpadu.

Pencairan PKH dilakukan dalam empat tahap selama satu tahun, dan pada bulan Juli 2024 ini memasuki tahap kedua yang akan berlangsung hingga September.

Baca Juga: Wapres Tekankan Penerima Bansos Harus Miskin, Bukan Pemain Judi Online



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x