Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ini 5 Pekerjaan untuk Fresh Graduate dengan Gaji Tertinggi Versi Jobstreet

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 05:14 WIB
ini-5-pekerjaan-untuk-fresh-graduate-dengan-gaji-tertinggi-versi-jobstreet
Ilustrasi fresh graduate atau lulusan baru tengah memulai kariernya. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bagi mahasiswa yang lulus kuliah di tahun 2020-2021, pasti mengalami masa sulit untuk mencari pekerjaan.

Lantaran selama 2 tahun tersebut, Indonesia dan seluruh dunia tengah dihantam pandemi Covid-19 yang juga melumpuhkan perekonomian.

Kini, memasuki tahun 2022, ekonomi mulai pulih seiring penyebaran dan penanganan Covid-19 yang semakin terkendali.

Bagi fresh graduate yang ingin mencari pekerjaan, inilah saat terbaik untuk mulai memasukkan cv anda ke perusahaan-perusahaan.

Sebagai informasi, ada sejumlah pekerjaan yang menawarkan gaji lumayan besar untuk para fresh graduate. Mengutip dari laman resmi situs pencari kerja Jobstreet, Selasa (31/5/2022), berikut adalah 5 pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi untuk pemula:

1. Staff di Bidang IT atau Komputer

Industri teknologi informasi sekarang sedang berkembang pesat dan membutuhkan banyak tenaga kerja baru. Industri ini juga lama dikenal sebagai sektor usaha yang menawarkan bayaran tinggi kepada para pekerjanya.

Baca Juga: 10 Industri dengan Gaji Tertinggi Versi Jobstreet, Kantor Kamu Masuk Enggak?

Menurut survei Jobstreet, pekerjaan di bidang IT mampu memberikan para fresh graduate dengan gaji dengan rata-rata sekitar Rp8.050.000 di wilayah Jakarta atau kota besar lainnya. Tapi, perlu diingat kalau ini hanya median. Artinya, anda mungkin bisa memperoleh gaji di atas angka tersebut. Bukankah menarik?

2. Peserta Graduate Development Program di Industri Teknik

Bagi anda yang sebelumnya kuliah di jurusan S1 Teknik Sipil, mengikuti graduate development program merupakan hal bisa dijadikan pertimbangan. Program-program seperti ini umumnya menuntut para peserta untuk terlibat dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, misalnya 2 hingga 3 tahun.

Dalam jangka waktu tersebut, pekerja bukan hanya dapat mempraktikkan segala ilmu yang diperoleh saat kuliah, tetapi juga akan memperoleh gaji.

Tapi, sebelum membahas gaji, ketahui dulu apa saja tanggung jawab yang mungkin mengikuti pekerjaan tersebut. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Baca Juga: Tips Hindari Kejahatan Skimming yang Bisa Kuras Isi Rekening

Memahami budaya, sistem, dan juga proses bisnis perusahaan

Mencoba posisi dan tanggung jawab dalam fungsi bisnis (business function) lainnya

Memiliki keterlibatan dalam proyek-proyek yang dimiliki perusahaan

Memiliki kemampuan untuk mempunyai berbagai macam jenis tanggung jawab

Bersedia untuk ditempatkan di lokasi proyek (yang mungkin jauh dari tempat tinggalmu saat ini!)

Meskipun gaji development program di industri teknik berbeda-beda, namun pekerjaan ini bisa menjadi salah satu yang memberikan gaji fresh graduate terbesar. Riset Jobstreet mengungkapkan, para peserta program ini dapat memperoleh hingga Rp9.100.000 setiap bulannya (untuk peserta yang berdomisili di wilayah-wilayah tertentu).

3. Dokter

Perjalanan menjadi seorang dokter sangatlah panjang, sehingga akan sangat wajar jika dokter merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Bayangkan, seseorang harus kuliah selama hingga 8 semester untuk jadi Sarjana Kedokteran. Lalu, perlu menjalankan tanggung jawab sebagai co-assistant atau co-ass (sering juga disebut sebagai dokter muda).

Lalu, mengikuti program profesi agar dapat menjadi dokter muda. Saat menjadi dokter muda, anda akan menjalankan berbagai tanggung jawab, seperti menyuntik pasien, mengambil darah, dan juga hadir saat proses pembedahan tengah berlangsung.

Baca Juga: Dibeli Elon Musk, Ternyata Gaji Karyawan Twitter Paling Kecil Rp65 Juta

Tetapi, semua hal tersebut dilakukan agar anda dapat belajar dan dapat sukses saat menjalani proses uji sertifikasi. Barulah anda jadi dokter dan memiliki gelar dr. di depan nama.

Eits, tapi tunggu dulu! Masih ada masa internship atau magang yang harus dijalani. Nantinya, barulah anda dapat bekerja di Puskesmas, rumah sakit, atau praktek sendiri. Gaji yang bisa diperoleh setelah menjadi fresh graduate dari proses panjang ini mencapai Rp9.000.000 untuk mereka yang menjalani karir ini di wilayah Jakarta dan sekitarnya.



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x