Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Harga Telur di Pasar Tradisional Jember Dibanderol Rp 28.000 per Kg

Kompas.tv - 31 Agustus 2022, 10:35 WIB
harga-telur-di-pasar-tradisional-jember-dibanderol-rp-28-000-per-kg
Pedagang telur ayam ras di Pasar Tanjung Jember. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JEMBER, KOMPAS.TV – Harga telur ayam ras di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur masih fluktuatif dan belum stabil.

"Harga telur ayam ras hari ini turun menjadi Rp28.000, namun dua hari yang lalu seharga Rp30.000, sehingga masih fluktuatif," kata Fatimah, seorang pedagang di Pasar Tanjung Jember, Rabu (31/8/2022), dikutip dari Antara

Menurutnya, harga telur ayam ras masih belum stabil karena dipengaruhi jumlah pasokan dari berbagai daerah ke Jember dan naik turunnya permintaan akan komoditas tersebut.

"Harga telur ayam ras di pasar tradisional biasanya mengalami kenaikan seiring dengan permintaan yang tinggi, sedangkan pasokan dari sejumlah daerah sentra telur di Jawa Timur terbatas," tuturnya.

Fatimah berharap, harga telur ayam ras kembali stabil di kisaran Rp20.000 hingga Rp22.000 per kilogram lantaran kenaikan harga komoditas itu menyebabkan banyak warga yang mengurangi pembelian.

Baca Juga: Terus Naik, Ini Perbandingan Harga Telur di Daerah-daerah Seluruh Indonesia

"Fluktuatifnya harga telur ayam ras itu juga dikeluhkan pedagang kue yang membutuhkan telur banyak untuk bahan bakunya, namun terkadang mereka tidak bisa menaikkan harga kue karena khawatir pelanggan beralih ke yang lain," ungakpnya.

Sebagaimana dikabarkan, kenaikan harga telur yang terus meroket tersebut karena harga pakan ternak yang naik serta permintaan komoditas telur yang juga naik seiring ada bantuan sosial (bansos) telur.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember Bambang Saputro menyampaikan, harga telur ayam ras memang mengalami kenaikan selama beberapa hari terakhir, tetapi terkadang juga turun.

"Harga telur ayam ras biasanya berkisar Rp20.000 hingga Rp25.000 per kilogram, namun pernah tembus di angka Rp30.000 per kilogram di pasaran, namun kini turun menjadi Rp28.000 per kilogram," terangnya.




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x