Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kereta Cepat bakal Diperpanjang hingga Surabaya, dari Mana Uangnya?

Kompas.tv - 28 Oktober 2022, 18:09 WIB
kereta-cepat-bakal-diperpanjang-hingga-surabaya-dari-mana-uangnya
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam acara Sustainable Smart Transportation, Kamis (27/10/2022), mengatakan proyek kereta cepat akan dilanjutkan hingga Surabaya. (Sumber: Youtube sahabat tama)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ditargetkan beroperasi pada Juni 2023. Namun, belakangan proyek kereta cepat ini disebut bakal diperpanjang hingga Surabaya.

Hal tersebut diutarakan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam acara "Sustainable Smart Transportation", Kamis (27/10/2022).

Dengan kereta cepat, menurutnya, rute Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 4 jam sehingga bisa bersaing dengan pesawat udara.

Padahal, pemerintah bersama Jepang juga tengah berencana membangun Kereta Semi Cepat Jakarta Surabaya. 

Budi Karya menyampaikan, rencana pembangungan proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta sudah dibicarakan 15 tahun yang lalu dan baru kini berhasil dibangun. Begitu pun proyek kereta cepat, awalnya banyak kritik yang meragukan, kata dia.

“Dulu banyak kritikan kok kereta cepat, kok Jakarta-Bandung. Banyak kok-nya, tapi kalau kita yakin ini akan kita bangun Jakarta-Surabaya (Kereta Cepat Jakarta Surabaya) ini bisa kurang dari empat jam," tuturnya.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Jelaskan Pembengkakan Biaya Kereta Cepat: Harga Baja Naiknya Luar Biasa

Rencana Rute Kereta Cepat

Budi menuturkan, jika direalisasikan, kereta cepat akan menghubungkan sejumlah pusat-pusat ekonomi di Pulau Jawa.

Rute pembangunan kereta cepat ini dimulai dari Jakarta, Kawarang, Bandung, Kertajati, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun dan Surabaya.

Budi pun mengatakan, landasan-landasan terkait rencana pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya ini harus dilaksanakan.


Baca Juga: Menhub: Kereta Cepat Jakarta-Surabaya akan Dibangun, Waktu Tempuh Jadi Hanya 4 Jam

Pendanaan untuk Kereta Cepat

Namun, Budi tidak menjabarkan terkait tindak lanjut mengenai realisasi pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, terutama sumber pendanaannya.

Secara terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga tidak menjelaskan secara gamblang investor mana yang akan menggarap proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya.

Ia hanya mengatakan pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya akan meningkatkan efisiensi.



Sumber : Kompas TV/Antara/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x