Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta Dibuka untuk Penerbangan Internasional, tapi Khusus Nataru

Kompas.tv - 27 Desember 2022, 06:38 WIB
terminal-2f-bandara-soekarno-hatta-dibuka-untuk-penerbangan-internasional-tapi-khusus-nataru
Kementerian Perhubungan membuka Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten untuk melayani penerbangan internasional saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan membuka Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten untuk melayani penerbangan internasional saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, langkah tersebut untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang atau wisatawan dari mancanegara ke Indonesia, maupun sebaliknya di Terminal 3 yang sebelumnya khusus melayani penerbangan internasional.

"Kita upayakan terutama Soekarno-Hatta kita rebalancing dari Terminal 3 ke Terminal 2F tepatnya, sehingga penerbangan internasional tidak tertumpu pada terminal 3 saja," kata Menhub Budi Karya Sumadi usai rapat kabinet di Istana Negara, Senin (26/12/2022). 

Dengan dilakukannya distribusi penumpang tersebut, penerbangan untuk umrah kini juga dilakukan di Terminal 2F.

Baca Juga: Korlantas: Waspada, 3 Lokasi Ini Rawan Padat Lalu Lintas Saat Libur Nataru 2023

Guna mengakomodasi jumlah penumpang umrah di kedua terminal itu, Kemenhub juga membuka ruang tunggu (lounge) untuk memfasilitasi para pengantar umrah, sehingga mereka dapat menunggu hingga berjam-jam dengan nyaman.


 

Selain melakukan pembagian ruang tunggu penumpang, Kemenhub dan Angkasa Pura II akan mengoptimalkan runway ketiga di Bandara Soekarno-Hatta untuk meningkatkan kapasitas jumlah pesawat dan mengurangi antrean.

"Runway ketiga ini harus kita optimalkan agar jumlah kapasitas dan antrean dari pesawat relatif lebih bagus. Kita juga minta AP II dan kawan-kawan untuk meningkatkan ground handling. Itu yang kadang-kadang sebabkan keterlambatan," ujar Budi. 

Beberapa peningkatan layanan di Bandara Soekarno-Hatta ini dilakukan setelah adanya instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk menambah slot penerbangan demi mengantisipasi lonjakan wisatawan domestik dan mancanegara.



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x