Kompas TV cerita ramadan panduan

Berenang saat Puasa, Bagaimana Hukumnya?

Kompas.tv - 12 April 2022, 09:24 WIB
berenang-saat-puasa-bagaimana-hukumnya
Ilustrasi renang saat puasa, apakah bikin puasa batal? (Sumber: Haley Phelps/Unsplas)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hal ini sering ditanyakan, berenang saat puasa bisa bikin batal atau tidak? Sebab, ketika berenang ada potensi air masuk ke dalam tubuh.

Menurut Ustaz Muhammad Saiyid Mahadzir, Lc. M.Ag dalam buku Batalkah Puasa? (Rumah Fiqih, 2019) dijelaskan tentang berenang batalkan puasa atau tidak.

Menurutnya, berenang tidak termasuk dalam kategori hal yang membatalkan puasa seseorang.

“Mandi dalam kamar mandi atau bahkan berenang tidak membatalkan puasa. Namun ada syarat khususnya, yakni asalkan saat mandi atau berenang itu tidak ada air yang masuk ke tenggorokan,” tulisnya.

Namun, jika saat berenang itu kemasukan air entah disengaja atau tidak, bisa jadi batal. Untuk itu, baiknya dihindari saat siang hari Ramadan. 

“Jika sambil menyelam minum air, itu sudah pasti membatalkan puasa,” katanya.

Baca Juga: Apakah Mengupil Membatalkan Puasa? Simak Penjelasan Ulama

Berenang sat Puasa Tidak Batalkan Puasa, Tapi Makruh Dilakukan

Dikutip dari situs resmi NU, berenang saat puasa tidak membatalkan puasa, tapi bagi umat Islam sebagai bentuk kehati-hatian baiknya dihindari.

Hukumnya sendiri termasuk dalam kategori makruh. Artinya, sebaiknya tidak dilakukan.

Orang berpuasa dimakruhkan melakukan aktivitas yang berisiko dapat membatalkan puasa, seperti terlalu berlebihan dalam berkumur atau menghirup air ke dalam hidung (istinsyaq) saat berwudu.

Ia pun mengutip Syekh Ibnu Hajar Al-haitami dlam kitab Minhajul Qawim, Hamisy Hasyiyatut Turmusi, [Jeddah, Darul Minhaj: 2011 M yang mengatakan hal berikut ini.

“Adapun orang berpuasa, dimakruhkan baginya melebih-lebihkan dalam berkumur dan menghirup air ke dalam hidung karena berpotensi membatalkan puasa,” kata Ustaz Mubassyarum Bih mengutip pendapat Ibnu Hajar Al-Haitami. 

Untuk itulah, berenang saat puasa memang tidak jadi syarat batal puasa, tapi berpotensi membatalkan puasa seseorang dan dihukumi makruh. 

Bila menurut kebiasaan pelaku air dapat masuk ke dalam anggota batin ketika berenang, maka hukumnya haram. Maka dari itu, baiknya berenang dilakukan saat malam hari saja ketika puasa Ramadan. 

Baca Juga: Arti Makruh dan 8 Hal yang Harus Dihindari dalam Puasa Ramadan




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x