Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jalan Menuju Pelabuhan Ciwandan Masih Jelek, Pemkot Cilegon Kebut Perbaikan Untuk Pemotor

Kompas.tv - 13 April 2023, 12:49 WIB
jalan-menuju-pelabuhan-ciwandan-masih-jelek-pemkot-cilegon-kebut-perbaikan-untuk-pemotor
Untuk arus mudik 2023, pengendara motor tidak boleh menyeberang ke Sumatera dari Pelabuhan Merak, tapi dialihkan melalui Pelabuhan Ciwandan yang terletak di Cilegon, Banten. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk arus mudik 2023, pengendara motor tidak boleh menyeberang ke Sumatera dari Pelabuhan Merak, tapi dialihkan melalui Pelabuhan Ciwandan yang terletak di Cilegon, Banten.

Namun, kondisi jalan menuju Pelabuhan Ciwandan masih jelek. Padahal jumlah pemotor yang akan mudik ke Sumatera lewat Ciwandan jumlahnya tentu tidak sedikit. 

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono mengatakan, perbaikan jalan menuju Pelabuhan Ciwandan sedang dikebut. 

"Aksesnya dalam proses perbaikan, dikerjakan oleh Pemkot Cilegon. Mudah-mudahan dalam waktu dekat selesai sebelum 19 April 2023," kata Triono dalam konferensi pers virtual, Kamis (13/4/2023). 

Baca Juga: Ingat! Pelabuhan Ciwandan Khusus untuk Pemotor, Merak untuk Mobil dan Bus

Sementara menurut Direktur Jalan Bebas Hambatan (JBH) Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Budi Harimawan, perbaikan jalan itu selesai akhir pekan ini. 

"Maksimal 15 April (Sabtu). Saat ini masih dalam proses pengerjaan," ujar Budi seperti dikutip dari tayangan Breaking News Kompas TV. 

Adapun pengendara roda 2 dapat menyeberang dengan menempuh rute Ciwandan-Bakauheni pada tanggal 15-21 April 2023.

Sementara untuk rute Ciwandan- Pelabuhan Panjang tersedia pada tanggal 19-21 April 2023. Pelabuhan Panjang terletak di Sumatera, yang menjadi alternatif Pelabuhan Bakauheni. 

Sebelumnya, Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Firman Darmansyah mengatakan, pemudik sepeda motor dilarang melintasi Jalan Lingkar Selatan (JLS) dan harus melalui jalan protokol Kota Cilegon untuk menuju Pelabuhan Ciwandan. 

Baca Juga: Catat! Tol Cipali dan Merak Jadi Pusat Titik Kemacetan Mudik 2023



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x