Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Mudik Lebaran 2023, PLN Jakarta Raya Siapkan Pasokan Listrik Berlapis di 9 Lokasi Ini

Kompas.tv - 21 April 2023, 04:40 WIB
mudik-lebaran-2023-pln-jakarta-raya-siapkan-pasokan-listrik-berlapis-di-9-lokasi-ini
Petugas PLN di Posko Monitoring Mudik Bandara Halim Perdanakusuma. PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menyiapkan pasokan listrik berlapis untuk 9 lokasi utama pemberangkatan pemudik dari Jakarta dan sekitarnya, termasuk Bandara Halim. (Sumber: Dok. PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pihak PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menyiapkan pasokan listrik berlapis untuk 9 lokasi utama pemberangkatan pemudik dari Jakarta dan sekitarnya. 

Yakni Terminal Pulogebang, Terminal Kampung Rambutan, Terimal Kalideres, Terminal Tanjung Priok, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Manggarai, Stasiun Jatinegara, dan Bandara Halim Perdana Kusuma. 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan mengatakan, hal itu dilakukan untuk memastikan bandara, stasiun, dan terminal terjaga keandalan pasokan listriknya. 

"Ada 9 pantauan utama stasiun, bandara, maupun terminal bus di wilayah kerja PLN UID Jakarta Raya yang siap kami jaga kelistrikannya. Petugas kami standby di sana," kata Doddy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/4/2023). 

Ia mengungkapkan, Bandara Halim Perdana Kusuma dipasok daya 3.500 kilo Volt Ampere (kVA) dan diperkuat dengan 4 lapis suplai listrik.

Baca Juga: Cerita Pengandara Motor Bawa Anak Tempuh 550 Km Selama 20 Jam untuk Mudik di Sumatera

Bandara Halim juga dilengkapi Automatic Change Over untuk memindahkan otomatis pasokan listrik apabila terjadi gangguan. 

"Petugas PLN standby di Bandara Halim Perdana Kusuma selama arus mudik dan arus balik. PLN juga sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar siaga berjalan dengan lancar," ujarnya.  

Doddy menyampaikan, tak hanya di 9 lokasi transportasi umum saja, PLN UID Jakarta Raya juga bersiaga di 454 masjid, 32 zona pertahanan, 59 zona pemerintahan, 58 rumah sakit, 5 lokasi wisata, 94 pusat perbelanjaan, 31 lokasi SPKLU, dan 20 lokasi SPBKLU. 

"Petugas siaga PLN ini tidak mudik demi menjaga kenyamanan warga yang mudik maupun tetap di Jakarta untuk berlibur," ucapnya. 

Sebelumnya, PLN memperkirakan beban puncak kelistrikan pada periode mudik Lebaran 2023 akan turun menjadi 29 gigawatt (GW), dari biasanya 44 GW.

Baca Juga: Menhub Imbau Pemudik Balik ke Jakarta 26-28 April, Jasa Marga Akan Beri Diskon Tarif Tol




Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x