Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Liburan Naik Kereta Kini Makin Mudah, Boarding Pakai Face Recognition hingga Tak Lagi Wajib Vaksin

Kompas.tv - 23 Juni 2023, 18:32 WIB
liburan-naik-kereta-kini-makin-mudah-boarding-pakai-face-recognition-hingga-tak-lagi-wajib-vaksin
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan teknologi Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Surabaya Gubeng, Jawa Timur. (Sumber: Dok. KAI Daop 8 Surabaya)
Penulis : Dina Karina | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menjelang libur cuti bersama Idul Adha dan liburan sekolah, masyarakat akan semakin mudah bepergian menggunakan kereta api.

Saat check in di stasiun kereta, penumpang tak perlu lagi menunjunkkan tiket atau ktp, namun cukup hanya menggunakan mesin face recognition.

Salah satu stasiun yang sudah menerapkan teknologi ini adalah Stasiun Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. 

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif Guna mengatakan, penerapan fasilitas face recognition adalah inovasi dalam rangka menjadikan kereta api sebagai pilihan utama masyarakat dalam bertransportasi. 

"Face Recognition Boarding Gate yakni fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta yang dimiliki," kata Luqman dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/6/2023). 

Baca Juga: Kereta Cepat Gratis 3 Bulan, Ridwan Kamil Sebut Masyarakat Siap-Siap Ticket War

Penggunaan face recognition di KAI Daop 8 Surabaya dimulai sejak bulan Juni ini. Para pelanggan keberangkatan KA dari Stasiun Surabaya Pasar Turi dapat menikmati layanan Face Recognition Boarding Gate yang tersedia pada stasiun tersebut untuk mempermudah proses boarding

Total saat ini Face Recognition Boarding Gate di wilayah Daop 8 Surabaya telah tersedia di 3 stasiun yaitu Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, dan Malang. 

"Dengan adanya Face Recognition Boarding Gate, pelanggan tak perlu repot-repot menunjukkan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, atau KTP. Cukup 1 detik waktu yang dibutuhkan untuk memastikan wajah pelanggan dan proses verifikasi seluruh data yang tersimpan di sistem KAI," jelas Luqman. 

Selain itu, dengan dicabutnya status pandemi dan berubah menjadi endemi, vaksinasi Covid tak lagi menjadi syarat wajib naik kereta. Namun, PT KAI tetap menganjurkan masyarakat untuk divaksin.

Baca Juga: PT KAI: Pesan Tiket Kereta Api Jarak Jauh Kini Bisa Lebih Lama, hingga H-90

Penumpang kereta kini juga bisa melepas maskernya saat berada di stasiun maupun di dalam kereta. 




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x