Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jokowi Klaim Gelontorkan Dana Desa Rp539 T: untuk Pembangunan dari Desa Pinggiran dan Daerah Terluar

Kompas.tv - 16 Agustus 2023, 13:34 WIB
jokowi-klaim-gelontorkan-dana-desa-rp539-t-untuk-pembangunan-dari-desa-pinggiran-dan-daerah-terluar
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR/DPD RI tahun 2023 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (26/8/2023). Presiden Jokowi menyebut pemerintah telah menggelontorkan Dana Desa sebesar Rp 539 triliun dari 2015 hingga 2023. (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut pemerintah telah menggelontorkan Dana Desa sebesar Rp539 triliun dari tahun 2015 hingga 2023.

Dana tersebut, kata Kepala Negara digunakan untuk pembangunan di desa-desa pinggiran dan daerah terluar yang pada akhirnya memeratakan ekonomi Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam Pidato Sidang Tahunan MPR di Gedung DPR/MPR, Rabu (16/8/2023).

"Pembangunan dari desa pinggiran dan daerah terluar yang pada akhirnya memeratakan ekonomi kita dengan dana desa yang kita gelontorkan. Total mencapai Rp 539 Triliun dari 2015 hingga 2023," kata Jokowi.

Presiden melanjutkan, hal tersebut menjadi salah satu upaya untuk mendorong daya saing Indonesia.

Terbukti, berdasarkan data International Institute for Management Development (IMD), peringkat daya saing Indonesia naik sebanyak 10 peringkat di tahun 2022.

"Berdasar International Institute for Management Development (IMD), daya saing kita di 2022 naik dari rangking 44 menjadi 34. Ini merupakan kenaikan tertinggi di dunia," ujarnya.

Jokowi juga menegaskan, pemerintah konsisten melakukan reformasi struktural, terutama penyederhanaan regulasi, kemudahan perizinan, kepastian hukum dan pencegahan korupsi.

"Semua itu menjadi modalitas kita untuk meraih kemajuan," ujarnya.

"Oleh sebab itu saya berulang kali menyampaikan kepemimpinan ke depan sangat menentukan masa depan Indonesia," tutur Presiden Jokowi seperti dipantau dari program Breaking News KompasTV.

Baca Juga: Jokowi Soal Penerus Presiden: Kita Tidak Sedang Jalan Sore, Tapi Lari Maraton Capai Indonesia Emas




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x