Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Kucurkan Investasi Rp23,4 T, TikTok Shop Kini Resmi Gabung Tokopedia

Kompas.tv - 11 Desember 2023, 11:44 WIB
kucurkan-investasi-rp23-4-t-tiktok-shop-kini-resmi-gabung-tokopedia
TikTok Shop Indonesia resmi bergabung dengan Tokopedia dengan investasi yang digelontorkan sebesar 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp23,4 triliun. (Sumber: GoTo)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - TikTok Shop Indonesia resmi bergabung dengan Tokopedia. TikTok menggelontorkan investasi sebesar 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp23,4 triliun ke e-commerce lokal tersebut. 

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) sebagai induk Tokopedia menyatakan bergabungnya TikTok Shop dengan Tokopedia adalah sebuah kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

"Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia," kata GoTo dalam siaran persnya, Senin (11/12/2023). 

Baca Juga: Santer Kabar TikTok Shop Gabung Tokopedia, Mendag Sebut Tak Masalah asal Ikuti Aturan

"TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia," tambah GOTO. 

Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. GoTo menyebut kesepakatan ini sejalan dengan langkah mereka untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi perseroan untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market). 

Untuk memastikan keberlanjutan langkah Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan Tokopedia dan TikTok.

"Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo," ujar GoTo. 

Baca Juga: Biar Enggak Kalap Saat Harbolnas, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui soal Paylater



Sumber : KOMPAS TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x