Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Bansos PKH Januari 2024 Kapan Dicairkan? Simak di cekbansos.kemensos.go.id Pakai HP

Kompas.tv - 30 Januari 2024, 16:00 WIB
bansos-pkh-januari-2024-kapan-dicairkan-simak-di-cekbansos-kemensos-go-id-pakai-hp
Ilustrasi uang bansos PKH. (Sumber: PEXELS/AHSANJAYA)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Program Keluarga Harapan (PKH) adalah inisiatif pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan dukungan finansial kepada keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Program ini dirancang sebagai salah satu pilar utama dalam strategi pemerintah untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di Indonesia, dengan fokus pada peningkatan standar hidup, mendukung kebutuhan dasar, dan memajukan pendidikan anak-anak dalam keluarga penerima manfaat.

Baca Juga: Info Cek Bansos BPNT Januari 2024 Pakai HP di cekbansos.kemensos.go.id, Bantuan Sampai Rp2,4 Juta

Tujuan utama dari Program Keluarga Harapan adalah untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga kurang mampu, memberikan dukungan bagi kebutuhan dasar mereka, dan memfasilitasi akses ke pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak dalam keluarga tersebut.

Melalui bantuan ini, pemerintah berupaya untuk mengurangi beban keuangan keluarga dan membuka jalan bagi kemajuan ekonomi dan pendidikan yang lebih luas di masyarakat.

Kapan Pencairan Dana Bantuan Sosial PKH 2024?

Pencairan dana bantuan sosial PKH pada tahun 2024 dijadwalkan dilakukan dalam empat tahap.

Tahap pertama dimulai dari Januari hingga Maret. Kemudian April hingga Juni, selanjutnya Juli hingga September. Terakhir tahap penyaluran dana PKH pada Oktober hingga Desember.

Baca Juga: Cek Bansos PKH 2024 Lewat HP di cekbansos.kemensos.go.id, Besaran Bantuan sampai Rp3 Juta

Penjadwalan ini memungkinkan keluarga penerima manfaat untuk mendapatkan dukungan finansial secara berkala sepanjang tahun. Pencairan tiap wilayah memiliki tanggal yang berbeda-beda.

Bagaimana Cara Cek Penerima Bansos PKH 2024?




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x