Kompas TV ekonomi loker

Terbaru! Formasi CPNS dan PPPK 2024 Kemendikbud, Kemenag, dan Kemenkes

Kompas.tv - 2 April 2024, 08:16 WIB
terbaru-formasi-cpns-dan-pppk-2024-kemendikbud-kemenag-dan-kemenkes
Kemenpan RB mengumumkan jumlah formasi CPNS dan PPPK 2024 untuk Kemendikbud, Kemenkes, dan Kemenag. (Sumber: menpanrb.go.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) memberikan update mengenai jumlah formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada rekrutmen CPNS dan PPPK 2024.

Diketahui, rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 rencananya akan dibuka pada Mei.

KemenPAN RB mengumumkan jumlah formasi pada rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca Juga: Pengumuman Terbaru Rekrutmen CPNS 2024, Ini Jabatan yang akan Diisi Fresh Graduate

1. Formasi CPNS-PPPK Kemendikbudristek 2024

Pada tahun ini, Kemendikbudristek akan membuka total 40.541 formasi CPNS dan PPPK. Formasi tersebut terdiri atas 15.462 CPNS dan 25.079 PPPK. 

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan formasi tersebut menjadi bagian dari upaya penuntasan tenaga non ASN/honorer di seluruh unit kerja Kemendikbudristek.

"Selain tentu formasi dalam skema luas di dunia pendidikan yang juga tersebar di Pemda,” ujar Anas seusai bertemu Mendikbudristek Nadiem Makarim, Senin (1/4/2024).

Kemendikbudristek juga akan memenuhi kebutuhan SDM di lingkungan perguruan tinggi, termasuk para dosen. 

Anas mengatakan, selama beberapa tahun terakhir, alokasi formasi untuk dosen di perguruan tinggi negeri sangat terbatas. Padahal, di sisi lain, jumlah mahasiswa terus meningkat.

Dia menambahkan, formasi CPNS dan PPPK Kemendikbudristek 2024 juga akan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan SDM di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca Juga: Rekrutmen CPNS 2024 Dibuka Mei, Ini Cara Daftarnya di SSCASN BKN

2. Formasi CPNS-PPPK Kemenag 2024

Kemenag akan menyiapkan sebanyak 110.553 formasi dalam rekrutmen CPNS dan PPPK 2024.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x