Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jokowi Dijadwalkan Bertemu CEO Apple Hari Ini, Indonesia Siapkan Kebijakan soal TKDN

Kompas.tv - 17 April 2024, 06:04 WIB
jokowi-dijadwalkan-bertemu-ceo-apple-hari-ini-indonesia-siapkan-kebijakan-soal-tkdn
Presiden Joko Widodo dijadwalkan bertemu dengan CEO Apple Tim Cook pada Rabu (17/4/2024). (Sumber: New York Times)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bertemu dengan CEO Apple Tim Cook pada hari ini, Rabu (17/4/2024).

Menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Indonesia berharap ada potensi investasi saat kunjungan bos perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat itu.

Agus mengungkapkan, pemerintah telah menyiapkan kebijakan untuk Apple jika perusahaan itu berinvestasi di tanah air. 

"Ya mudah-mudahan. Kalo dengan Apple kita sudah bicara cukup lama. Kita bicara ada kebijakan, saya tidak bilang ini kebijakan khusus. Tapi ada kebijakan yang kita keluarkan untuk Apple," kata Agus di Jakarta, Selasa (16/4).

Kebijakan itu adalah pengimbangan (offset) Tingkat Komponen Dalam Negeri atau TKDN untuk produk-produk buatan Apple.

Baca Juga: Bakal Bahas Investasi, Menkominfo: CEO Apple Tim Cook Kunjungi Indonesia 17 April 2024

Agus mengungkap, Apple juga berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dari sisi sumber daya manusia (SDM) maupun segi infrastruktur.

"Mereka sudah membentuk tiga, udah mau empat yang disebut dengan Apple Academy yang menurut pandangan saya outputnya cukup baik menghasilkan SDM brainware, menghasilkan inovasi-inovasi untuk aplikasi yang kemudian bisa digunakan di perusahaan-perusahaan lain," tuturnya seperti dikutip dari Antara. 

Terpisah, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan dalam kunjungannya ke Indonesia, CEO Apple salah satunya akan membahas peluang Apple melakukan investasi di Indonesia.

"Yang pasti semua perusahaan-perusahaan besar dari Amerika Serikat dan seluruh negara di dunia akan investasi yang signifikan di Indonesia. Nanti, tunggu, besok ada kejutan," ungkap Budi seperti dikutip dari Antara, Selasa (16/4). 

Baca Juga: Ada Konflik Israel-Iran, Kementerian ESDM Sebut Harga BBM Tidak Naik Sampai Juni 2024

Sebelumnya, Budi Arie mengatakan bahwa rencana kunjungan Tim Cook ke Indonesia pada April merupakan bukti bahwa potensi sektor digital Indonesia menarik.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, bos Apple antara lain akan membahas pengembangan talenta digital melalui Apple Academy, yang sudah dijalankan di Kabupaten Tangerang dan Kota Batam serta diharapkan dapat diperluas ke daerah yang lain.

Kendati demikian, ia mengemukakan, tidak tertutup kemungkinan ada pembahasan mengenai rencana pembangunan pabrik gawai Apple.

Baca Juga: Kementerian ESDM Nyatakan Indonesia Tidak Impor Minyak dari Iran

"Kemungkinan-kemungkinan itu kan semua ada, kita tinggal lihat approach-nya gimana. Karena pengguna produk Apple di Indonesia juga kan banyak sekali," ujar Budi pada 25 Maret 2024.

Selain Tim Cook, CEO Microsoft Satya Nadella juga dikabarkan akan mengunjungi Indonesia.

Menurut Budi Arie, Nadella akan datang ke Indonesia pada 30 April 2024.



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x