Kompas TV ekonomi loker

Ketentuan dari FHCI soal Safe Exam Browser untuk Tes Rekrutmen BUMN 2024, Ini Link Download-nya

Kompas.tv - 24 April 2024, 16:00 WIB
ketentuan-dari-fhci-soal-safe-exam-browser-untuk-tes-rekrutmen-bumn-2024-ini-link-download-nya
Cara unduh Safe Exam Browser untuk tes online Rekrutmen Bersama BUMN 2024 (Sumber: Instagram/@fhcibumn)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2024 yang dinyatakan lolos seleksi administrasi diharuskan mengunduh dan memasang aplikasi Safe Exam Browser (SEB) di perangkatnya, sebagai salah satu syarat tes.

Tanpa mengunduh dan menginstall SEB, perangkat komputer atau smartphone Anda tidak bisa digunakan untuk tes online Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

Safe Exam Browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk memastikan keamanan dan integritas tes online dengan membatasi akses peserta ke aplikasi dan halaman lain, dan hanya fokus pada soal tes yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara tes.

SEB berfungsi sebagai pengawas agar peserta tes bisa fokus mengikuti tes online dengan tenang. FEB juga sudah wajib dilakukan saat tes trial online RBB 2024.

Diketahui, percobaan atau trial tes Rekrutmen Bersama BUMN 2024 dilaksanakan mulai hari ini, Rabu (24/4/2024) hingga 26 April 2024. 

Sementara itu, tes online RBB 2024 akan dimulai pada 27 April 2024. Adapun jadwalnya dapat dilihat di laman https://rekrutmenbersama2024.fhcibumn.id/ atau email masing-masing.

Baca Juga: Rekrutmen CPNS 2024, Kementerian PUPR Buka Banyak Lowongan Kerja untuk Tenaga Teknis dan Kesehatan

Forum Human Capital Indonesia (FHCI) memberikan informasi penting terkait cara meng-install Safe Exam Browser untuk tes. Berikut beberapa ketentuannya.

  • Safe Exam Browser (SEB) tidak dapat digunakan jika di perangkat peserta terdapat aplikasi Chrome Remote Desktop. Sehingga jika aplikasi tersebut ada di perangkat kamu, ikuti langkah uninstall nya ya.
  • Perlu diingat bahwa ada beberapa password penting yang harus kamu catat. Mulai dari password ujian online hingga password masuk dan exit SEB.
  • Penting juga bagi peserta untuk menggunakan perangkat yang sesuai dengan ketentuan, selalu perhatikan instruksi yang tertera, serta patuhi semua peraturan yang telah ditetapkan.
  • Peserta tidak akan dapat mengaktifkan Safe Exam Browser (SEB) pada saat aplikasi Zoom aktif. Solusi agar SEB dapat digunakan adalah aplikasi Zoom harus dimatikan dahulu. Setelah itu silakan lanjutkan dengan klik YES agar Safe Exam Browser (SEB) dapat dipergunakan.
  • Saat pengerjaan test dan Safe Exam Browser (SEB) sudah aktif maka peserta tidak dapat menyambungkan perangkat ke layar lain seperti proyektor, TV, HDMI, dil karena layar otomatis akan terkunci dan tidak bisa kembali ke halaman tes.
  • Jika ingin mengaktifkan kembali Safe Exam Browser (SEB) silakan masukkan exit password kemudian klik Unlock.

Link Download Safe Exam Browser

Berikut link download Safe Exam Browser yaitu https://safeexambrowser.org/download_en.html. Melansir laman resminya, SEB hanya bisa diinstall di Windows, MacOS, dan iOS.

Baca Juga: Sudah Bisa Diakses, Berikut Link dan Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Cara Install Safe Exam Browser

  • Unduh SEB sesuai perangkat dengan klik “Safe Exam Browser 3.7.0 for Windows” atau “Safe Exam Browser 3.3.2 for macOS”, kemudian tunggu beberapa detik
  • Setelah itu, buka folder download di perangkat untuk menginstal SEB
  • Klik dua kali unduhan SEB untuk menginstalnya, tunggu beberapa detik
  • Jika sudah, proses instalasi Safe Exam Browser berhasil dilakukan.

Informasi lebih lanjut mengenai Safe Exam Browser untuk tes online Rekrutmen Bersama BUMN 2024 dapat dilihat di sini.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x