Kompas TV entertainment seni budaya

10 Quotes Baden Powell untuk Peringati Hari Pramuka Sedunia 2023

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 14:03 WIB
10-quotes-baden-powell-untuk-peringati-hari-pramuka-sedunia-2023
Baden Powell, Bapak Pandu Sedunia. Hari ini dikenal sebagai Hari Pramuka Sedunia tanggal 22 Februari 2023 (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Pramuka Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Februari. Tahun ini jatuh pada Rabu (22/2/2023).

Hari Pramuka Sedunia merujuk dari lahirnya Robert Stephenson Smyth Baden Powell, atau yang biasa dikenal sebagai Bapak Pandu Sedunia pada 22 Februari 1857.

Bagi yang sudah berkecimpung di dunia pramuka tentu sudah tidak asing lagi dengan Baden Powell. Ia dikenal sebagai pencetus pramuka.

Ia disebut sebagai Bapak Pramuka Sedunia karena yang menemukan dan menerapkan sistem pembinaan kaum muda melalui kepramukaan. 

Melasir Gramedia, Powell merupakan anak dari seorang profesor yang mengajar di Universitas Oxford. Semasa kecil, ia mendapat beasiswa dan melanjutkan sekolahnya di Charterhouse. 

Di sekolahnya itu, ia diperkenalkan dengan kecakapan dalam kepanduan, yaitu seperti berburu, memasak hewan, serta banyak melakukan kegiatan di hutan yang merupakan kawasan terlarang. 

Baca Juga: Hari Pramuka Diperingati 14 Agustus, Ini Sejarah dan Link Twibbon untuk Merayakannya

Setelah dewasa, Powell mengikuti seleksi untuk masuk tentara dan lolos pada peringkat kedua dari ratusan peserta yang melamar menjadi tentara. 

Pada tahun 1880 Baden Powell berlatih untuk menguasai kemahirannya dalam hal kepanduan dengan Raja Zulu Dinizulu di Provinsi Natal, Afrika Selatan. Sejak saat itu ia diberikan penghargaan karena keberaniannya. 

Powell ditugaskan ke Matabele, Rhodesia Selatan atau sekarang dikenal dengan Zimbabwe pada 1894. Ia mendapatkan pengalaman yang penting ketika berada di sana. 

Bukan hanya karena ia memimpin dalam misi yang penting, namun juga mendapatkan inspirasi untuk membuat sistem kepanduan. Bahkan pada saat menjadi tim pengintai di Lembah Matobo, ia mendapatkan pelajaran dari Burnham mengenai woodcraft. 

Woodcraft ini memberikan inspirasi kepada Baden Powell untuk menyusun kurikulum dan kode kehormatan kepanduan. Keahlian tersebut yang menjadi cikal bakal dari keterampilan kepramukaan. 

Powell dan sahabatnya lantas merencanakan program pelatihan bagi pasukan Inggris untuk beradaptasi yang isinya sarat dengan materi tentang penjelajahan, trekking, camping dan pengembangan harga diri. 

Pada saat itu juga pertama kalinya Baden Powell menggunakan topi khasnya (Burnham mirip dengan topi koboi) sebagai tanda pengenal dan masih dipakai oleh Pramuka di seluruh dunia.

Quotes Baden Powell

1. We must change boys from a 'what can I get' to a 'what can I give' attitude.

(Kita harus mengubah anak laki-laki dari sikap 'apa yang bisa saya dapatkan' menjadi sikap 'apa yang bisa saya berikan'.)

2. Boys can see adventure in a dirty old duck puddle, and if the Scoutmaster is a boys' man he can see it too.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x