Kompas TV entertainment film

Equalizer 3 Rajai Box Office Domestik AS, Barbie dan Oppenheimer Catat Rekor Baru

Kompas.tv - 4 September 2023, 23:25 WIB
equalizer-3-rajai-box-office-domestik-as-barbie-dan-oppenheimer-catat-rekor-baru
Film Equalizer 3 yang dibintangi Denzel Washington menduduki puncak box office domestik AS pada akhir pekan ini dengan pendapatan sekitar $34,5 juta. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

NEW YORK, KOMPAS.TV - Film Equalizer 3 yang dibintangi Denzel Washington menduduki puncak box office domestik AS pada akhir pekan ini dengan pendapatan sekitar 34,5 juta dollar AS, menurut perkiraan studio pada hari Minggu (3/9/2023). Pada akhir libur Hari Buruh, Sony memperkirakan angka total tersebut akan naik menjadi 42 juta dollar AS.

Hari Buruh menandai berakhirnya musim film musim panas di Hollywood, yang akan melampaui penjualan tiket sebesar 4 miliar dollar AS untuk pertama kalinya sejak pandemi. Rekor penjualan itu juga tidak lepas dari kontribusi besar dari Barbie dan Oppenheimer, yang masih mencatat rekor bahkan setelah tujuh minggu tayang, seperti dilaporkan Associated Press, Minggu (3/9).

Akhir pekan ini, Barbie karya Greta Gerwig secara resmi menjadi film terbesar tahun 2023 dengan pendapatan lebih dari 1,36 miliar dollar AS secara global, melampaui The Super Mario Bros Movie. Sementara, Oppenheimer karya Christopher Nolan melaju dengan pendapatan lebih dari 850 juta dollar AS secara global untuk menjadi film nomor tiga tahun ini dan menjadi film karya Nolan dengan pendapatan tertinggi ketiga.

Namun, Equalizer 3 rilis bersamaan dengan kondisi tegang bagi Hollywood, karena para aktor ikut turun bersama pekerja film lain melakukan mogok selama tujuh minggu. Mereka menuntut kontrak yang adil kepada perusahaan hiburan besar, yang imbasnya membuat bioskop-bioskop bersiap menghadapi musim gugur yang loyo.

Mogok SAG-AFTRA, komunitas pekerja hiburan dan media, yang sedang berlangsung membuat Denzel tidak bisa mempromosikan film Equalizer 3, yang disutradarai oleh rekan kerjanya yang sering bekerja sama, Antoine Fuqua. Equalizer 3 juga tidak bisa membawa karakter penegak hukumnya, Robert McCall, ke pesisir Amalfi di Italia.

Meskipun ketiadaan bintang besar dalam tur promosi biasanya dianggap sebagai kelemahan potensi box office film, Equalizer 3 mungkin menjadi pengecualian langka yang dapat bertahan tanpa bantuan Washington. 

"Salah satu bintang film terbesar di dunia membawa kita pada catatan positif," kata Paul Dergarabedian, analis media senior dari Comscore. "Studi-studi sering berjalan santai hingga Hari Buruh, tetapi Sony pintar memilih akhir pekan ini untuk membuka The Equalizer 3."

Baca Juga: Film Barbie Raup Lebih dari Rp15 Triliun di Box Office Global pada Pekan Ketiga Penayangannya

Margot Robbie dan Ryan Gosling membintangi film Barbie. Film Equalizer 3 yang dibintangi Denzel Washington menduduki puncak box office domestik AS pada akhir pekan ini dengan pendapatan sekitar $34,5 juta. (Sumber: Instagram/@wbpictures)

Sony membuka Equalizer 3 dengan rating R di lebih dari 3.900 lokasi di Amerika Utara, termasuk di layar IMAX dan format besar premium, di mana film ini tayang sejalan dengan dua film sebelumnya yang masing-masing menghasilkan lebih dari $190 juta secara global. Dengan pendanaan bersama dari TSG dan Eagle Pictures, film ini memiliki biaya produksi sekitar $70 juta.

Film ini mendapatkan ulasan positif secara umum dari para kritikus (76% di Rotten Tomatoes) dan ulasan yang sangat positif dari penonton, yang memberikan rating A pada CinemaScore dan rating lima bintang pada PostTrak.

"Tidak masuk akal sejauh mana konsistensi dari franchise Equalizer," kata Dergarabedian. Di luar negeri, film ini meraup $26,1 juta, memberikan kontribusi pada debut global sebesar $60,6 juta.

Di posisi kedua, Barbie menambah $10,6 juta ke pundi-pundi pendapatan pada akhir pekan di AS dan Kanada, mendorong total domestiknya menjadi $609,5 juta.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x