Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas U23 Indonesia vs Uzbekistan Malam Ini, Garuda Muda Harus Lebih Efektif

Kompas.tv - 29 April 2024, 14:58 WIB
timnas-u23-indonesia-vs-uzbekistan-malam-ini-garuda-muda-harus-lebih-efektif
Timnas Indonesia U23 saat mengalahkan Australia 1-0 di Grup A Piala Asia U23 2024. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat sepak bola Indonesia Muhammad Kusnaeni atau yang akrab disapa Bung Kus menyebut Garuda Muda harus lebih efektif dalam menyelesaikan peluang jelang laga semifinal Piala Asia U23 2024 kontra Uzbekistan U23. 

Duel Timnas U23 Indonesia vs Uzbekistan U23 bakal digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) mulai pukul 21.00 WIB. 

"Kita masih butuh efektivitas dalam penyelesaian akhir karena banyak peluang emas yang terbuang (dalam laga-laga sebelumnya)," ujar Bung Kus, Senin (29/4) dikutip dari Antara. 

Baca Juga: Daftar Skuad Uzbekistan U23 di Piala Asia 2024, Garuda Muda Wajib Waspadai Pemain Ini

Dalam laga semifinal ini, Indonesia bakal kehilangan Rafael Struick yang harus absen karena akumulasi kartu kuning. 

Struick merupakan salah satu pahlawan Indonesia dalam laga perempat final kontra Korea Selatan. Dalam laga tersebut, Struick mencetak dua gol. 

Lewat absennya Struick, Bung Kus menyebut pelatih Timnas U23 Shin Tae-yong perlu mencari formula yang tepat untuk tetap menjaga ketajaman lini depan.

"Entah dengan menugaskan Ramadhan Sananta sebagai striker pengganti atau bermain dengan taktik false nine," kata Bung Kus menambahkan.

Baca Juga: Belum Kebobolan hingga Semifinal, Pelatih Uzbekistan U23 Tidak Gentar Hadapi Indonesia

"Kalau STY kurang yakin, alternatif lainnya adalah false nine. Memainkan Witan Sulaiman sebagai striker palsu diapit Kelly Sroyer dan Marselino di kanan dan kiri," ujarnya.

Terlepas dari itu, Uzbekistan U23 bukan lawan yang bakal mudah ditembus oleh lini serang Garuda. 

Dari empat laga sebelumnya, Uzbekistan U23 arahan Timur Kapadze tampil sangat impresif dengan catatan 12 gol dan belum pernah kebobolan. Total, ada 10 pemain Uzbekistan yang sudah mencetak gol. 




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x