Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Benarkah Suplemen untuk Kesehatan Jantung Bermanfaat? Begini Faktanya Menurut Pakar

Kompas.tv - 25 Desember 2021, 08:06 WIB
benarkah-suplemen-untuk-kesehatan-jantung-bermanfaat-begini-faktanya-menurut-pakar
Ilustrasi. Cukup banyak vitamin atau suplemen yang mengklaim dapat meningkatkan kesehatan jantung. Namun, apakah benar vitamin itu bermanfaat? (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Cukup banyak vitamin atau suplemen yang mengklaim dapat meningkatkan kesehatan jantung. Namun, apakah benar vitamin itu bermanfaat?

Banyak orang yang mengklaim menawarkan manfaat jantung, namun hanya sedikit data berbasis bukti yang mendukung bahwa menggunakan suplemen vitamin melindungi jantung Anda.

Ahli jantung preventif Leslie Cho, MD, berbicara tentang klaim paling umum dan cara terbaik untuk melindungi jantung Anda.

Beberapa vitamin atau suplemen dapat membantu menurunkan kolesterol atau meningkatkan tekanan darah - hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Dr Cho mengatakan bahwa banyak klaim mengenai kesehatan jantung mungkin menyesatkan.

Baca Juga: 9 Vitamin dan Mineral Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

“Produsen suplemen melakukan pekerjaan yang baik dengan menjual gagasan kesehatan secara umum, tetapi apa yang disebut vitamin kesehatan jantung tidak diuji kemanjurannya,” kata Dr Cho, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Bahkan multivitamin yang telah diformulasikan untuk kesehatan jantung atau kondisi lain tidak dievaluasi oleh Food & Drug Administration (FDA) AS.

Anda harus selalu berbicara dengan dokter jika Anda mempertimbangkan untuk menambahkan vitamin atau suplemen ke dalam rutinitas karena alasan apa pun.

Sementara beberapa vitamin mungkin tidak berbahaya, beberapa mungkin membawa risiko yang terkait dengan fungsi jantung.

Vitamin C, misalnya, mungkin tidak membahayakan jantung dan dapat dikonsumsi untuk mendukung aspek lain dari kesehatan Anda. Namun, itu tidak menawarkan manfaat khusus untuk kesehatan jantung.

Di sisi lain, penting untuk diketahui bahwa vitamin E sebenarnya dapat meningkatkan risiko gagal jantung dan stroke bagi sebagian orang.

“Pasien yang berada di bawah perawatan medis untuk masalah kesehatan terkait jantung sangat tidak disarankan untuk menggunakan vitamin E,” kata Dr Cho.

Potensi risiko vitamin D dengan kalsium juga telah ditunjukkan. Dr Cho mengatakan, hanya mereka yang memiliki kadar sangat rendah yang harus mempertimbangkan suplemen.

Jenis suplemen lain seperti yang dibuat dengan tiroid hewan juga bisa berbahaya dalam keadaan tertentu.

Vitamin ini dapat berinteraksi dengan obat jantung dan menyebabkan efek yang tidak diinginkan seperti detak jantung yang cepat, peningkatan tekanan darah atau peningkatan perdarahan.

“Jangan mengambil risiko dengan jantung Anda, dan pastikan untuk menjalankan apa pun oleh dokter Anda yang Anda rencanakan untuk dimasukkan ke dalam tubuh Anda,” saran Dr. Cho.

Vitamin Kesehatan Jantung yang Populer

Anda mungkin pernah membaca klaim bahwa vitamin atau suplemen ini dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda. Inilah yang kami ketahui.

Minyak Ikan



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x