Kompas TV genbest kesehatan dan sanitasi

Cacingan Menyebabkan Stunting pada Anak, Mitos atau Fakta?

Kompas.tv - 22 November 2023, 11:48 WIB
cacingan-menyebabkan-stunting-pada-anak-mitos-atau-fakta
Ilustrasi anak yang mengalami infeksi cacing. (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV - Siapa yang sudah tidak asing lagi dengan istilah cacingan atau bahkan pernah mengalaminya? Cacingan adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh beberapa jenis cacing yang menginfeksi tubuh manusia.

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, pada 2021 terdapat 26 kabupaten dan kota yang memiliki angka prevalensi cacingan di atas 10 persen, dan 66 kabupaten dan kota yang memiliki angka prevalensi cacingan di bawah 5 persen. 

Cacingan adalah salah satu jenis penyakit tropis yang menjadi prioritas untuk ditangani di Indonesia sehingga umum ditemui di sekitar Anda. Namun, benarkah jika cacingan dapat menyebabkan stunting pada anak?

 

Hubungan antara Cacingan dan Stunting

Dikutip dari Antaranews, Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Pimprim Basarah Yanuarso, Sp.A (K) mengatakan, bila tidak segera ditangani dengan tepat, cacingan dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya stunting.

Menurutnya, meskipun cukup umum ditemui di sekitar masyarakat Indonesia, sayangnya masih banyak pihak yang mengabaikan cacingan. Meski infeksi cacing bisa menyerang usia berapa pun, anak-anak masih memiliki risiko paling tinggi terserang penyakit ini. 

Hal ini disebabkan anak-anak belum sepenuhnya menyadari pentingnya gaya hidup bersih serta kebiasaan bermain di segala tempat. Akibatnya, bisa saja tempat bermain tersebut menjadi pintu masuk berbagai bibit penyakit, termasuk cacing.

Terlebih, sistem kekebalan tubuh anak belum sempurna sehingga anak-anak lebih rentan terserang penyakit. Jika dibiarkan, infeksi cacing berulang pada anak bisa berujung pada kegagalan pertumbuhan atau stunting.

Cacingan dapat menyebabkan stunting pada anak karena akan mengganggu penyerapan asupan gizi, terutama karbohidrat dan protein. Hal ini akan menyebabkan nafsu makan anak menurun sehingga lama kelamaan anak mungkin saja mengalami masalah kekurangan gizi bahkan malnutrisi kronis. 

Permasalahan gizi tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik anak yang akhirnya jadi penyebab stunting. Lebih jauh, kondisi ini tentu akan melemahkan fungsi otak anak, meningkatkan risiko terserang penyakit infeksi, hingga membuatnya tidak selincah anak-anak lain seusianya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x