Kompas TV internasional kompas dunia

Jepang Gelar Balap Mobil Bermesin Pembakaran dengan BBM Alternatif Karbon Netral atau Emisi Nol

Kompas.tv - 13 November 2021, 19:53 WIB
jepang-gelar-balap-mobil-bermesin-pembakaran-dengan-bbm-alternatif-karbon-netral-atau-emisi-nol
Mobil berbahan bakar hidrogen besutan Toyota yang ikut bertarung dalam balap berbahan bakar alternatif di Jepang, Sabtu, 13 November 2021. Mazda menurunkan mobil berbahan bakar biodiesel dalam balap tersebut (Sumber: Global Toyota)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

NEW YORK, KOMPAS.TV - Produsen mobil Jepang Toyota dan Mazda mulai memamerkan mobil yang dilengkapi dengan mesin pembakaran internal yang menggunakan bahan bakar nol emisi dan karbon-netral dalam balapan selama tiga jam, yang mereka lihat sebagai alternatif kendaraan listrik. 

Toyota dan Mazda mengirim dua kendaraan andalan mereka ke balapan tersebut.

Acara tersebut berlangsung akhir pekan ini di Okayama di Jepang barat, kata perusahaan tersebut, Sabtu (13/11/2021).

Mesin Toyota berbahan bakar oleh hidrogen dan Mazda berbahan bakar biodiesel.

Subaru juga berencana masuk tahun depan dengan mesin berbahan bakar sintetis yang berasal dari biomassa.

Berita tersebut menggarisbawahi keyakinan di kalangan pabrikan mobil Jepang bahwa berbagai jenis kendaraan, termasuk hibrida, kendaraan listrik dan mobil bertenaga hidrogen, akan memainkan peran dalam menghilangkan jejak polusi karbon industri otomotif selama beberapa dekade mendatang.

Baca Juga: Usai Program Biodiesel B30 Berjalan Lancar, Pemerintah Bersiap Naik ke Program B40

Mobil berbahan bakar biodiesel besutan Mazda yang ikut bertarung dalam balap berbahan bakar alternatif di Jepang, Sabtu, 13 November 2021. Toyota menurunkan mobil berbahan bakar hidrogen dalam balap tersebut (Sumber: Asia Financials)

Pandangan itu (mengembangkan mesin berbahan bakar hidrogen, biodiesel, maupun BBM sintetis), berbeda dengan pabrikan lain seperti General Motors, Jaguar Land Rover, dan Volvo, yang berambisi mencapai netralitas karbon dengan hanya menjual kendaraan listrik dua dekade dari sekarang.

Mesin yang ditenagai bahan bakar karbon netral atau emisi nol juga merupakan upaya untuk menyelamatkan ratusan ribu pekerjaan yang diprediksi akan hilang terkait dengan suku cadang mesin pembakaran di Jepang jika sektor otomotif beralih sepenuhnya ke EV.

Mesin tradisional hanya perlu diubah dengan cara kecil, seperti mengganti suplai bahan bakar dan sistem injeksi, agar bisa berjalan dengan hidrogen, kata Chief Engineer Toyota Naoyuki Sakamoto dalam briefing bulan lalu.



Sumber : Kompas TV/Straits Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x