Kompas TV internasional kompas dunia

Jepang Tawarkan Eropa Gas Alam, Antisipasi Gangguan Pasokan dari Ketegangan di Ukraina

Kompas.tv - 10 Februari 2022, 03:05 WIB
jepang-tawarkan-eropa-gas-alam-antisipasi-gangguan-pasokan-dari-ketegangan-di-ukraina
Foto ilustrasi Jepang menawarkan kepada Eropa sebagian dari impor gas alam cairnya atas kekhawatiran bahwa pasokan ke Eropa akan terganggu oleh ketegangan kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Deni Muliya

TOKYO, KOMPAS.TV - Karena merasa khawatir pasokan gas alam ke Eropa akan terganggu oleh ketegangan kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina, Jepang menawarkan sebagian dari impor gas alam cairnya.

Pernyataan penawaran tersebut sebagaimana disampaikan oleh Menteri Perdagangan Jepang, Koichi Hagiuda, pada Rabu (9/2/2022), seperti dilansir Straits Times.

Menurutnya, beberapa pengiriman gas sudah dialihkan ke Eropa oleh perusahaan swasta Jepang dan akan tiba di Eropa pada bulan ini.

Namun, Koichi Hagiuda menolak memberikan rincian berapa banyak kapal atau berapa banyak LNG yang dikirimkan ke Eropa.

"Lebih banyak kapal akan menuju ke Eropa pada bulan Maret, tetapi pasokan tersebut akan ditentukan setelah Jepang memastikan permintaan domestik terpenuhi," katanya.

Kekhawatiran tersebut relatif meningkat karena konflik di Ukraina akan menyebabkan krisis energi di Eropa dan sangat bergantung pada pasokan Rusia.

Seorang analis menilai, tidak mungkin Rusia akan sepenuhnya menghentikan pasokan ke Eropa dengan adanya konflik tersebut.

Lalu cadangan Jepang kemungkinan tidak cukup untuk membuat perbedaan jika Moskow menghentikan pasokan gas ke Eropa.

Tapi tawaran suplai gas alam dari Tokyo muncul di tengah hiruk pikuk manuver diplomatik dalam upaya untuk meredakan ketegangan dengan Rusia atas Ukraina.

Hagiuda mengatakan, dia menerima permintaan dari duta besar Amerika Serikat dan Uni Eropa untuk mengakomodasi kebutuhan bahan bakar di Eropa.



Sumber : Kompas TV/Straits Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x