Kompas TV internasional kompas dunia

Kajian Resmi: Belanda Lakukan Kekerasan Berlebihan Saat Perjuangan Kemerdekaan Indonesia 1945-1949

Kompas.tv - 18 Februari 2022, 04:25 WIB
kajian-resmi-belanda-lakukan-kekerasan-berlebihan-saat-perjuangan-kemerdekaan-indonesia-1945-1949
Tentara Belanda menawan warga Indonesia pada perang kemerdekaan Indonesia 1945 – 1949. Penelitian dan kajian sejarah yang didanai pemerintah Belanda dalam temuan yang dipublikasikan Kamis (17/2/2022) menyimpulkan bahwa pasukan Belanda menggunakan “kekerasan ekstrem”, seringkali dengan sengaja, selama perang kemerdekaan Indonesia.  (Sumber: (Photo: KITLV))
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

DEN HAAG, KOMPAS.TV - Sebuah proyek penelitian dan kajian sejarah yang didanai pemerintah Belanda dalam temuan yang dipublikasikan Kamis (17/2/2022) menyimpulkan, pasukan Belanda menggunakan “kekerasan ekstrem”, seringkali dengan sengaja, selama perang kemerdekaan Indonesia. Sementara pada saat itu, para pemimpin militer dan politikus di Belanda sebagian besar mengabaikan ekses tersebut.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (17/2/2022), penelitian dan penyelidikan selama empat setengah tahun oleh para ahli dari tiga lembaga penelitian sejarah itu hasilnya bertentangan dengan pandangan lama pemerintah Belanda, bahwa pasukan negara itu terlibat dalam kekerasan ekstrem hanya secara sporadis karena mereka memerangi pasukan pro-kemerdekaan, di bekas jajahan yang sekarang menjadi Indonesia.

Dalam pernyataan mereka, para peneliti mengatakan sumber yang mereka konsultasikan, menunjukkan, bahwa penggunaan kekerasan ekstrim oleh angkatan bersenjata Belanda tidak hanya meluas, tetapi sering juga disengaja, dan dimaafkan di setiap tingkatan politik, militer dan hukum.

Para peneliti mengatakan bukan tidak mungkin untuk memberikan jumlah pasti kejahatan dan korban.

Pada tahun 2013, pemerintah Belanda meminta maaf atas beberapa kekejaman yang dilakukan oleh pasukannya antara tahun 1945, ketika Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya dari penjajahan Belanda, dan tahun 1949 ketika Belanda akhirnya mengakui kemerdekaan Indonesia.

Raja Belanda Willem-Alexander secara resmi meminta maaf selama kunjungan kenegaraan 2020 ke Indonesia atas agresi negaranya di masa lalu.

Kasus pengadilan yang diprakarsai oleh kerabat dan penyintas kekejaman militer Belanda beberapa tahun terakhir memberikan tekanan pada pemerintah Belanda untuk mengkaji kembali tindakan militer mereka selama konflik kemerdekaan Indonesia.

Sebuah laporan Belanda sebelumnya, dari tahun 1969, mengakui “ekses kekerasan” di Indonesia tetapi berpendapat  pasukan Belanda melakukan “aksi polisionil” yang sering dipicu oleh perang gerilya dan serangan teror yang menargetkan lawan-lawan kemerdekaan.

Baca Juga: Pameran Revolusi Kemerdekaan dari Kacamata Indonesia, Digelar Museum Nasional Belanda Rijksmuseum

Sukarno sedang membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945. Penelitian dan kajian sejarah yang didanai pemerintah Belanda dalam temuan yang dipublikasikan Kamis (17/2/2022) menyimpulkan bahwa pasukan Belanda menggunakan “kekerasan ekstrem”, seringkali dengan sengaja, selama perang kemerdekaan Indonesia. (Sumber: Frans Mendur)



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x