Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Polandia akan Berikan MiG-29 ke Amerika Serikat untuk Ukraina, Minta Tukar Jet Tempur Lain

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 06:13 WIB
polandia-akan-berikan-mig-29-ke-amerika-serikat-untuk-ukraina-minta-tukar-jet-tempur-lain
Dua MiG 29 Polandia terbang di atas dan di bawah dua jet tempur F-16 Angkatan Udara Polandia AS selama Pameran Udara di Radom, Polandia, pada 27 Agustus 2011. (Sumber: AP Photo/Alik Keplicz, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

WARSAW, KOMPAS.TV — Polandia pada Selasa (8/3/2022) menyatakan secara resmi akan memberikan seluruh jet tempur MiG-29 mereka kepada Amerika Serikat (AS), seraya menyetujui pengaturan yang akan memungkinkan jet-jet tempur tersebut digunakan oleh militer Ukraina.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (9/3/2022), keputusan itu diharapkan Polandia menjadi pendorong moral bagi Ukraina karena pertempuran yang terus berlanjut makin memperdalam bencana kemanusiaan ketika pasukan Rusia mengebom kota-kota di Ukraina.

Namun begitu, keputusan tersebut juga meningkatkan risiko perang menjadi lebih luas.

Pentagon tidak segera mengomentari pengumuman Polandia.

Ukraina meminta lebih banyak pesawat tempur dan Washington sudah melihat proposal di mana Polandia akan memasok Ukraina dengan pesawat tempur era Soviet dan pada gilirannya menerima F-16 Amerika untuk menebus kerugian mereka.

Pilot Ukraina dilatih untuk menerbangkan jet tempur era Soviet.

Kementerian Luar Negeri Polandia mengumumkan, mereka siap untuk mengirimkan jet ke Pangkalan Udara Ramstein AS di Jerman segera dan gratis.

“Pada saat yang sama, Polandia meminta Amerika Serikat untuk memberi kami pesawat bekas dengan kemampuan operasional yang sesuai,” kata Kemenlu Polandia.

Pemerintah Polandia juga mengimbau negara-negara pengguna jet MiG-29 lainnya untuk mengikuti langkah mereka.

Mantan anggota NATO blok Soviet, Bulgaria dan Slovakia juga masih memiliki jet tempur buatan Soviet di angkatan udara mereka.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x