Kompas TV internasional kompas dunia

Pfizer Dorong Izin Booster Vaksin Untuk Anak Usia 5 Hingga 11 Tahun

Kompas.tv - 15 April 2022, 08:43 WIB
pfizer-dorong-izin-booster-vaksin-untuk-anak-usia-5-hingga-11-tahun
Logo Pfizer ditampilkan di kantor pusat perusahaan tersebut di New York, Amerika Serikat pada 5 Februari 2021. Pfizer menyatakan mereka akan memperluas suntikan booster pada anak-anak usia 5-11 tahun yang dalam kondisi sehat, Kamis (14/4/2022).  (Sumber: AP Photo/Mark Lennihan)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Perusahaan Pfizer yang memproduksi vaksin Covid-19 menyatakan akan memperluas suntikan booster pada anak-anak usia 5-11 tahun yang dalam kondisi sehat, Kamis (14/4/2022). 

Otoritas kesehatan Amerika Serikat (AS) kini telah mendesak semua orang berusia 12 tahun ke atas untuk mendapatkan satu dosis booster, demi mendapatkan perlindungan terbaik Covid-19 varian terbaru.

Baru-baru ini mereka juga memberikan opsi booster kedua kepada mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

Kini Pfizer menyatakan, data baru menunjukkan anak berusia 5 hingga 11 tahun yang sehat dapat mendapatkan manfaat dari suntikan booster.

Dalam sebuah penelitian kecil, 140 anak-anak yang sudah mendapat dua suntikan diberi booster enam bulan kemudian. Para peneliti menemukan suntikan tambahan umumnya meningkatkan respons kekebalan mereka. 

Baca Juga: Efektivitas Turun hingga 12 Persen, Vaksin Pfizer Kurang Efektif Lindungi Anak dari Omicron

“Pengamatan lebih dekat pada 30 anak menemukan peningkatan 36 kali lipat dalam antibodi penangkal virus, tingkat yang cukup tinggi untuk melawan varian Omicron yang sangat menular,” ujar pernyataan Pfizer dan BioNTech dalam siaran pers yang dikutip dari The Associated Press.

Data tersebut belum dipublikasikan atau diperiksa oleh para ahli independen.

Pfizer menguji booster pada anak-anak saat varian Omicron melonjak musim dingin ini di AS.

Sementara kasus Covid-19 sekarang berada pada tingkat yang jauh lebih rendah di AS. Dalam beberapa minggu terakhir versi Omicron yang lebih menular, yang disebut BA.2, telah menjadi jenis yang dominan secara lokal dan di seluruh dunia.

Dalam beberapa hari mendatang, Pfizer berencana untuk meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan AS engizinkan booster untuk anak berusia 5 hingga 11 tahun yang sehat.

Mereka juga berencana untuk berbagi data dengan regulator Eropa dan lainnya.

Baca Juga: Vaksin Pfizer Dan Astrazeneca Digunakan Untuk Vaksinasi Dosis 3 Di Sorong

Vaksinasi umumnya kurang efektif terhadap varian omicron daripada versi sebelumnya dari virus Corona. Namun demikian, vaksin masih menawarkan perlindungan yang kuat terhadap penyakit parah.

Tetapi regulator harus memutuskan apakah anak-anak usia sekolah dasar yang sehat benar-benar membutuhkan booster. Jika memang mereka harus mendapatkan booster, kapan waktu yang paling tepat untuk medapatkannya?

Suntikan Pfizer adalah satu-satunya vaksin yang tersedia untuk anak-anak di AS. Mereka yang berusia 5 hingga 11 tahun menerima sepertiga dari dosis yang diberikan kepada orang dewasa.

Lebih dari seperempat anaka-anak di AS telah mendapatkan dua dosis sejak vaksinasi dibuka untuk mereka pada bulan November.

Hingga kini AS belum mengizinkan vaksinasi untuk anak-anak di bawah 5 tahun. Tetapi anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun yang sistem kekebalan tubuhnya sangat lemah, sudah mendapatkan tiga dosis vaksin.
 



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x