Kompas TV internasional kompas dunia

Ferdinand Marcos Jr: Jangan Nilai Saya dari Perbuatan Leluhur, tapi dari Perbuatan Saya Sendiri

Kompas.tv - 11 Mei 2022, 09:30 WIB
ferdinand-marcos-jr-jangan-nilai-saya-dari-perbuatan-leluhur-tapi-dari-perbuatan-saya-sendiri
Pemenang pemilu presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr atau Bongbong hari Selasa (10/5/2022), meminta dunia untuk menilai dirinya dari perbuatannya, bukan dari perbuatan leluhurnya (Sumber: AP Photo/Aaron Favila)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

MANILA, KOMPAS.TV - Putra mendiang diktator Filipina Ferdinand Marcos bersumpah hari Selasa (10/5/2022) akan bekerja untuk semua orang setelah kemenangannya yang menakjubkan. Ferdinand Marcos Jr. meminta dunia untuk menilai dia dengan kepresidenannya, bukan masa lalu keluarganya, seperti dilansir Straits Times, Rabu (10/5/2022)

Ferdinand Marcos Jr, lebih dikenal sebagai "Bongbong", menjadi kandidat pertama dalam sejarah yang menang telak dan mendapat suara mayoritas langsung dalam pemilihan presiden Filipina, membuka jalan bagi kembalinya kekuasaan yang tak terbayangkan untuk dinasti politik paling terkenal di negara itu.

“Nilailah saya bukan dari leluhur saya, tetapi dengan tindakan saya,” kata Marcos Jr kepada dunia, menurut pernyataan juru bicaranya, Vic Rodriguez.

Marcos Jr melarikan diri ke pengasingan di Hawaii bersama keluarganya selama pemberontakan "people's power" tahun 1986 yang mengakhiri kekuasaan otokratis ayahnya, Ferdinand Marcos, selama 21 tahun. Semenjak kepulangannya tahun 1991, Marcos Jr bertugas di Kongres dan Senat Filipina.

Kemenangannya dalam pemilihan hari Senin tinggal diresmikan, di mana 98 persen suara yang memenuhi syarat sudah dihitung dalam penghitungan tidak resmi yang menunjukkan Marcos Jr meraup 31 juta suara, dua kali lipat dari saingan terdekat Wakil Presiden Leni Robredo.

Hasil resmi diharapkan akan diumumkan secara resmi sekitar akhir bulan Mei.

"Ini adalah kemenangan bagi semua orang Filipina, dan untuk demokrasi," kata juru bicara Marcos Jr, Rodriguez. “Kepada mereka yang memilih Bongbong, dan mereka yang tidak, itu adalah janjinya untuk menjadi presiden bagi semua orang Filipina. Untuk mencari titik temu melintasi perbedaan politik, dan bekerja sama untuk menyatukan bangsa.”

Meskipun Marcos Jr, 64, berkampanye dengan platform persatuan, analis politik mengatakan kepresidenannya tidak mungkin untuk mendorong itu, meskipun margin kemenangannya sangat besar.

Baca Juga: Meski Tertatih, Imelda Marcos Muncul Berikan Hak Suara untuk Kemenangan Sang Anak

Istri mendiang diktator Ferdinand Marcos, Imelda Marcos menggunakan haknya dalam pemilihan presiden Filipina 2022. Pemenang pilpres Filipina Ferdinand Marcos Jr, Selasa (10/5/2022), meminta dunia untuk menilai dirinya dari perbuatannya, bukan dari perbuatan leluhurnya. (Sumber: Inquirer)

Pasar Filipina beragam setelah pemungutan suara. Bursa saham turun 3 persen pada satu titik, obligasi dolar negara jatuh, sementara mata uang peso naik 0,4 persen terhadap dolar.

Marcos dalam pernyataannya mengatakan dia akan mulai bekerja untuk rakyat Filipina dan berharap dapat bekerja sama dengan mitra dan organisasi internasional.

Banyak orang yang tidak mendukung Marcos Jr marah dengan apa yang mereka lihat sebagai upaya kurang ajar oleh mantan "keluarga pertama" yang menggunakan penguasaan media sosial untuk menemukan kembali narasi sejarah pada masa kekuasaannya.

Ribuan penentang Marcos yang lebih tua menderita penganiayaan selama era darurat militer tahun 1972 hingga 1981 yang brutal, dan nama keluarga menjadi identik dengan penjarahan, kronisme, dan kehidupan mewah, dengan miliaran dolar kekayaan negara menghilang.

Keluarga Marcos membantah melakukan kesalahan dan banyak pendukungnya, blogger dan influencer media sosial mengatakan sejarah sudah terdistorsi.

Sekitar 400 orang, sebagian besar mahasiswa, menggelar protes di luar komisi pemilihan pada hari Selasa melawan Marcos Jr dan mengutip penyimpangan pemilihan.

Komisi Pemilihan Umum (Comelec), yang mengatakan pemungutan suara berlangsung relatif damai, hari Selasa juga menguatkan penolakannya terhadap pengaduan yang diajukan oleh berbagai kelompok, termasuk korban darurat militer, yang berusaha untuk membatalkan keikutsertaan Marcos Jr dari pemilihan presiden berdasarkan vonis penggelapan pajak tahun 1995.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x