Kompas TV internasional kompas dunia

Pelaku Penembakan Shinzo Abe Diduga Lone Wolf, Disebut Kerap Pindah Kerja dan Tak Punya Teman

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 21:15 WIB
pelaku-penembakan-shinzo-abe-diduga-lone-wolf-disebut-kerap-pindah-kerja-dan-tak-punya-teman
Pelaku penembakan Shinzo Abe dilumpuhkan petugas keamanan. Shinzo Abe dinyatakan meninggal di rumah sakit akibat ditembak dari belakang. (Sumber: AP Photo/NHK)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

 

TOKYO, KOMPAS.TV - Pelaku pembunuhan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Tetsuya Yamagami diduga merupakan pelaku tunggal atau lone wolf.

Sejauh ini, kepolisian hanya menangkap Tetsuya Yamagami dan tidak melakukan serangkaian penangkapan terhadap jaringan kriminal tertentu.

Wartawan NHK di Tokyo, Sigit Purnomo, melaporkan, dugaan adanya pihak lain yang membantu pelaku masih terus didalami pihak kepolisian.

Baca Juga: Mental Pembunuh Shinzo Abe Disebut Terganggu, Jawaban Berubah-ubah Bikin Polisi Sulit Ungkap Motif

Namun, sejauh ini kepolisian tidak melakukan penangkapan kelompok tertentu pascapenembakan Shinzo Abe dan penangkapan pelaku.

"Biasanya kalau terkait dengan kelompok tertentu atau kelompok kriminal tertentu, kepolisian akan mengungkapnya dan melakukan penangkapan lanjutan. Tetapi sejauh ini, pelaku tunggal yang ditangkap kepolisian. Istilah pelaku ini lone wolf," ujar Sigit saat dihubungi KOMPAS TV program KOMPAS PETANG, Sabtu (9/7/2022).

Sigit menambahkan, dari penelusuran kepolisian, pelaku menjadi anggota pasukan pertahanan bela diri maritim Angkatan Laut Jepang periode 2002-2005. Setelah keluar dari militer, pekerjaan pelaku berpindah-pindah. 

"Pelaku kerja terakhir April 2022, dan dikabarkan pelaku tidak punya banyak kawan di tempat kerjanya," ujar Sigit.

Baca Juga: Tertangkap Kamera! Gerak-gerik Pelaku Sebelum Tembak Shinzo Abe dari Belakang




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x