Kompas TV internasional kompas dunia

Boris Johnson Batalkan Niat Bersaing Jadi Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak Tidak Tertandingi

Kompas.tv - 24 Oktober 2022, 09:40 WIB
boris-johnson-batalkan-niat-bersaing-jadi-perdana-menteri-inggris-rishi-sunak-tidak-tertandingi
Mantan Perdana Menteri Boris Johnson tiba di Bandara Gatwick di London, setelah melakukan perjalanan dengan penerbangan dari Karibia, menyusul pengunduran diri Liz Truss sebagai Perdana Menteri, Sabtu 22 Oktober 2022. (Sumber: Gareth Fuller/PA via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

LONDON, KOMPAS.TV — Mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson Minggu, (23/10/2022) mengumumkan ia tidak akan mencalonkan diri untuk memimpin Partai Konservatif, sebagai langkah  kembali ke jabatan perdana menteri. Boris  digulingkan  lebih dari tiga bulan yang lalu.

Penarikan diri Boris Johnson dari kompetisi internal Partai Konservatif Inggris atau Tory membuat mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak menjadi favorit terkuat untuk menjadi perdana menteri Inggris berikutnya, yang ketiga tahun ini, saat gejolak politik dan tantangan ekonomi makin parah. Sunak bisa memenangkan kontes hari Senin, (24/10/2022)

Johnson, yang digulingkan pada bulan Juli lalu di tengah skandal etika, secara luas diperkirakan akan mencalonkan diri untuk menggantikan Liz Truss, yang mengundurkan diri minggu lalu setelah paket ekonomi pemotongan pajaknya menyebabkan gejolak di pasar keuangan, dengan cepat menghancurkan otoritasnya di dalam partai dan pemerintahan.

Johnson menghabiskan akhir pekan mencoba untuk mendapatkan dukungan dari sesama anggota parlemen Konservatif setelah terbang kembali dari liburan di Karibia dan mengadakan pembicaraan dengan dua pesaing lainnya, Rishi Sunak dan Penny Mordaunt.

Minggu malam dia mengklaim berhasil mengumpulkan dukungan dari 102 rekan anggota parlemen partai konservatif, lebih dari ambang batas 100 yang dibutuhkan untuk membuat pemungutan suara anggota parlemen hari Senin.

Tapi dia jauh di belakang Sunak dalam angka dukungan, dan menyimpulkan "Anda tidak dapat memerintah secara efektif kecuali Anda memiliki partai yang bersatu di Parlemen."

Prospek kembalinya Johnson melemparkan Partai Konservatif yang sudah terpecah ke dalam kekacauan lebih lanjut.

Baca Juga: Publik Inggris Tidak Memilih Langsung Perdana Menteri, Inilah Cara Inggris Pilih Kepala Pemerintahan

Rishi Sunak.Penarikan diri Boris Johnson dari kompetisi internal Partai Konservatif Inggris atau Tory membuat mantan Menkeu Rishi Sunak menjadi favorit terkuat menjadi perdana menteri Inggris berikutnya, yang ketiga tahun ini. (Sumber: Beresford Hodge/PA via AP)

Dia memimpin partai itu meraih kemenangan pemilu yang menggemparkan tahun 2019, tetapi jabatan perdana menterinya diliputi oleh skandal uang dan etika yang akhirnya menjadi terlalu berat untuk ditanggung partai.

Dalam pernyataannya hari Minggu, Johnson bersikeras dia "ditempatkan dengan baik untuk memberikan kemenangan Konservatif" dalam pemilihan nasional berikutnya, yang dijadwalkan tahun 2024.

Boris mengatakan kemungkinan akan memenangkan pemungutan suara anggota Partai Konservatif melawan salah satu dari saingannya.

"Tetapi dalam beberapa hari terakhir saya dengan sedih sampai pada kesimpulan bahwa ini bukan hal yang benar untuk dilakukan," katanya.

"Oleh karena itu saya khawatir yang terbaik adalah saya tidak meneruskan pencalonan saya untuk maju dan memberikan dukungan saya kepada siapa pun yang berhasil."

Tetapi dia mengisyaratkan mungkin akan kembali, dengan mengatakan: "Saya yakin saya memiliki banyak hal untuk ditawarkan tetapi saya khawatir ini bukan waktu yang tepat."

Setelah Truss mundur pada hari Kamis, Partai Konservatif buru-buru memerintahkan pemilihan internal yang bertujuan untuk menyelesaikan nominasi pada hari Senin untuk mengangkat perdana menteri baru, yang ketiga tahun ini, dalam waktu satu minggu.

Baca Juga: Mantan Menkeu Rishi Sunak Unggul dalam Pemilihan PM Inggris, Boris Johnson Bergerak Menyaingi

Penny Mordaunt, salah satu kandidat yang bersaing jadi pemimpin konservatif Inggris sekaligus Perdana Menteri. (Sumber: AP Photo)

Kandidat favorit saat ini adalah Rishi Sunak, yang mendapat dukungan dari lebih dari 140 anggota parlemen, menurut penghitungan tidak resmi.



Sumber : Kompas TV/Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x