Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Sosok Maura Healey, Lesbian Pertama yang Terpilih Jadi Gubernur Massachusetts AS

Kompas.tv - 9 November 2022, 16:24 WIB
ini-sosok-maura-healey-lesbian-pertama-yang-terpilih-jadi-gubernur-massachusetts-as
Mantan Jaksa Agung negara bagian Massachusetts dari Partai Demokrat Maura Healey terpilih sebagai gubernur Massachusetts, membuat sejarah sebagai gubernur lesbian terbuka pertama di Amerika Serikat. (Sumber: Portland Press Herald)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BOSTON, KOMPAS.TV — Mantan jaksa agung negara bagian Massachusetts dari Partai Demokrat Maura Healey terpilih sebagai Gubernur Massachusetts. Terpilihnya Healey menorehkan sejarah adanya gubernur lesbian terbuka pertama di Amerika Serikat (AS).

Melansir Associated Press, Rabu (9/11/2022), Healey, kandidat gay sekaligus perempuan pertama Massachusetts berhasil mengalahkan Geoff Diehl dari Partai Republik, mantan perwakilan negara bagian yang mendapat dukungan dari mantan Presiden Donald Trump.

Healey secara terbuka mengumumkan preferensi seksualnya.

Pemilihannya mengembalikan jabatan gubernur ke Partai Demokrat setelah delapan tahun kepemimpinan Partai Republik di bawah Gubernur populer Charlie Baker, yang memilih untuk tidak mencalonkan diri kembali.

Healey dan pasangannya, Wali Kota Salem Kim Driscoll, termasuk di antara tiga calon gubernur atau letnan gubernur perempuan di AS yang memulai Hari Pemilihan dengan kesempatan untuk menjadi pasangan pertama yang terpilih untuk memimpin sebuah negara bagian.

Healey juga salah satu dari dua kandidat lesbian terbuka yang mencalonkan diri menjadi gubernur di negara itu.

Healey dan Tina Kotek dari Partai Demokrat, seorang calon gubernur di Oregon, masing-masing memulai hari dengan kesempatan untuk menjadi gubernur terpilih lesbian terbuka pertama di negara bagian.

Baca Juga: Pemilu Sela di Amerika Serikat Sengit, 42 Juta Orang Berikan Suara Lebih Awal

Mantan Jaksa Agung negara bagian Massachusetts dari Partai Demokrat Maura Healey terpilih sebagai gubernur Massachusetts, membuat sejarah sebagai gubernur lesbian terbuka pertama di Amerika Serika (Sumber: PBS Newshour)

Healey berbicara kepada para pendukungnya di sebuah hotel di pusat kota Boston setelah kemenangannya pada Selasa (8/11) malam.

"Kepada mereka yang memilih saya dan mereka yang tidak, saya ingin Anda tahu bahwa saya akan menjadi gubernur untuk semua orang, dan saya akan bekerja dengan siapa pun yang ingin membuat perbedaan di negara bagian ini," kata Healey.

Healey juga membahas sifat bersejarah dari kemenangannya.

"Malam ini saya ingin mengatakan sesuatu kepada setiap gadis kecil dan setiap orang muda LGBTQ di luar sana. Saya harap malam ini menunjukkan kepada Anda bahwa Anda bisa menjadi apa pun, siapa pun yang Anda inginkan dan tidak ada apa pun dan tidak ada yang bisa menghalangi Anda kecuali imajinasi Anda sendiri dan itu tidak akan terjadi," kata Healey.

"Saya berdiri di hadapan Anda malam ini dengan bangga menjadi perempuan pertama dan orang gay pertama yang terpilih sebagai gubernur Massachusetts," tambahnya.

Sementara itu, Diehl mengatakan kepada para pendukungnya di sebuah hotel di Boston bahwa dia telah menelepon Healey untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya.

"Rakyat telah berbicara. Saya menghormati pilihan mereka dan saya meminta semua orang yang telah mendukung saya dan Leah untuk memberinya kesempatan yang sama seperti yang akan saya minta jika sepatu itu berada di kaki yang lain," katanya, merujuk kepada pasangannya Leah Allen.




Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x