Kompas TV internasional kompas dunia

Fix! Pemenang Piala Dunia 2022 Membawa Pulang Rp656 Miliar Hadiah dari FIFA

Kompas.tv - 19 Desember 2022, 05:05 WIB
fix-pemenang-piala-dunia-2022-membawa-pulang-rp656-miliar-hadiah-dari-fifa
Sejumlah orang berfoto di samping replika Trofi Piala Dunia di dekat Stadion 974 menjelang digelarnya acara Qatar Fashion United di Doha, Qatar, Jumat, 16 Desember 2022. Juara Piala Dunia Sepak Bola 2022 di Qatar akan mendapatkan hadiah uang sebesar USD42 juta atau setara Rp656 miliar untuk federasi sepak bola mereka. (Sumber: AP Photo/Pavel Golovkin)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

DOHA, KOMPAS.TV - Juara Piala Dunia Sepak Bola 2022 di Qatar akan mendapatkan hadiah uang sebesar USD42 juta atau setara Rp656 miliar untuk federasi sepak bola mereka.

Tim yang kalah di final akan membawa pulang USD30 juta atau Rp468 miliar dari total dana hadiah FIFA sebesar USD440 juta atau Rp6,8 triliun.

Ketika Prancis memenangkan Piala Dunia 2018, federasi negara itu mendapat USD38 juta atau Rp593 miliar dari dana hadiah FIFA sebesar USD400 juta.

Tidak semua uang masuk ke pemain, tetapi mereka diharapkan mendapatkan bagian yang bagus. Pemain Prancis seperti Kylian Mbappé akan menerima bonus sebesar 554.000 euro atau Rp9,1 miliar oleh federasi mereka bila memenangkan final, harian olahraga Prancis L'Equipe melaporkan.

Setiap federasi sepak bola nasional mendapatkan setidaknya USD9 juta hadiah uang untuk bermain di Piala Dunia tahun ini, ditambah USD1,5 juta untuk masing-masing untuk biaya persiapan turnamen.

Tim tempat ketiga Kroasia memperoleh hadiah uang USD27 juta. Maroko, yang berada di urutan keempat, akan dibayar USD25 juta.

Total pendapatan FIFA selama empat tahun terakhir adalah USD7,5 miliar, dengan sebagian besar dari kesepakatan siaran dan sponsor, ditambah penjualan tiket dan perhotelan.

Baca Juga: FIFA Rencanakan Piala Dunia Antarklub 2025 akan Diikuti 32 Peserta

Daftar hadiah Piala Dunia 2022. uara Piala Dunia Sepak Bola 2022 di Qatar akan mendapatkan hadiah uang sebesar USD42 juta atau setara Rp656 miliar untuk federasi sepak bola mereka.(Sumber: sporting news)

Sementara itu para Wags (wife and girlfriends) atau suami dan pacar para pemain Timnas Argentina telah berjanji bakal membuat tato di tubuh mereka jika Lionel Messi dkk berhasil menjadi juara Piala Dunia 2022.

Rencana tersebut diungkapkan oleh Muri Lopez, pacar dari bek Manchester United Lisandro Martinez. 

Muri Lopez yang berkarier sebagai penari profesional itu menuturkan, rencana untuk membuat tato jika Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 dibahas saat makan malam para Wags di Doha, Qatar, Senin (12/12/2022) lalu. 

Salah satu gambar yang dibahas untuk menjadi tinta di tubuh mereka adalah replika trofi Piala Dunia. 

"Saat makan malam kami memutuskan bahwa jika semuanya baik-baik saja, kami semua ingin membuat tato untuk menandai momen bersejarah ini dan kami membuat janji," ungkap Muri Lopez kepada salah satu stasiun TV Argentina dikutip dari The Sun. 

"Kami belum memutuskan tato apa karena beberapa menginginkan satu hal dan yang lainnya menginginkan yang lain," lanjutnya. 

"Beberapa menginginkan hal itu (trofi Piala Djnia), yang lain menginginkan tanggalnya dan yang lain sesuatu yang ditulis dalam Arab." "Beberapa rencana diajukan," imbuhnya. 

 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x