Kompas TV internasional kompas dunia

China dan Rusia Gelar Latihan Tempur AL Bareng, Panglima Militer Rusia: Reaksi Alami Agresivitas AS

Kompas.tv - 23 Desember 2022, 02:05 WIB
china-dan-rusia-gelar-latihan-tempur-al-bareng-panglima-militer-rusia-reaksi-alami-agresivitas-as
Panglima Angkatan Darat Rusia hari Kamis, (22/12/2022) menyebut latihan angkatan laut bersama antara kapal perang Rusia dan China dilakukan sebagai tanggapan atas sikap militer AS yang dipandang semakin agresif di kawasan Asia-Pasifik. (Sumber: Russia Defence Ministry)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Panglima Angkatan Darat Rusia menyebut latihan laut bersama Rusia dan China dilakukan sebagai tanggapan atas agresifnya Amerika Serikat (AS) di kawasan Asia-Pasifik, Kamis (22/12/2022).

"Kerja sama ini merupakan reaksi alami terhadap peningkatan agresif potensi militer AS di kawasan. Latihan yang kami lakukan sangat sesuai dengan hukum internasional," kata Valery Gerasimov dalam sebuah pengarahan seperti laporan Straits Times, Kamis, (22/12/2022).

Rusia mengumumkan akan mengirim beberapa kapal perang untuk mengikuti latihan perang antara 21 dan 27 Desember di lepas pantai China untuk memperkuat kerja sama angkatan laut.

“Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan kesiapan tempur pasukan dan kekuatan kedua negara dan kemampuan untuk menghadapi tantangan dan ancaman baru,” kata Gerasimov dalam sebuah pengarahan dengan perwakilan militer asing.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan latihan itu akan mencakup latihan tembakan langsung dengan rudal dan artileri, termasuk langkah-langkah latihan untuk melawan kapal selam.

“Kami tidak akan membuat aliansi dan garis pemisah baru di kawasan ini, seperti yang dilakukan Washington,” tambah Gerasimov, Kamis (22/12).

China dan Rusia semakin dekat dalam beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari apa yang mereka sebut persahabatan "tanpa batas" yang bertindak sebagai penyeimbang dominasi global AS.

Mantan pemimpin Rusia Dmitry Medvedev awal pekan ini melakukan perjalanan ke China untuk bertemu dengan Presiden Xi Jinping untuk pembicaraan yang menurut Medvedev termasuk keamanan internasional dan konflik di Ukraina.

Baca Juga: Presiden China Xi Jinping Ingin Pembicaraan Damai Terjadi di Ukraina, Minta Semua Pihak Menahan Diri

Fregat tipe 054A Wuhu milik AL China. Panglima Angkatan Darat Rusia hari Kamis, (22/12/2022) menyebut latihan laut bersama Rusia dan China dilakukan sebagai tanggapan atas agresifnya AS. (Sumber: Bullit Marquez/Associated Press)


Sumber : Kompas TV/Straits Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x