Kompas TV internasional kompas dunia

Untuk Pertama Kali, ASEAN Sepakat Latihan Militer Bersama di Laut Natuna Utara Indonesia

Kompas.tv - 8 Juni 2023, 21:31 WIB
untuk-pertama-kali-asean-sepakat-latihan-militer-bersama-di-laut-natuna-utara-indonesia
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Panglima angkatan bersenjata seluruh negara ASEAN, kecuali Myanmar, memutuskan akan mengadakan latihan militer bersama untuk pertama kalinya. Latihan bersama itu akan digelar di Laut Natuna Utara, demikian diumumkan oleh Indonesia selaku ketua ASEAN, Kamis (86/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima angkatan bersenjata seluruh negara ASEAN, kecuali Myanmar, memutuskan akan mengadakan latihan militer bersama untuk pertama kalinya. Rencananya latihan bersama itu akan digelar di Laut Natuna Utara.

Demikian diumumkan oleh Indonesia selaku ketua ASEAN, seperti laporan Antara dan Straits Times, Kamis (8/6/2023).

Latihan ini dipandang merupakan upaya kerja sama keamanan multilateral di tengah meningkatnya ketegangan dan ketidakpastian di kawasan tersebut.

Keputusan ini diambil dalam pertemuan panglima angkatan bersenjata negara-negara anggota ASEAN yang digelar di Indonesia pada hari Kamis (8/6/2023). Latihan ini akan diadakan di Laut Natuna Utara, wilayah paling selatan dari Laut China Selatan.

Para kepala militer dari negara-negara anggota ASEAN telah sepakat untuk melaksanakan latihan militer bersama di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau. Hal ini diumumkan oleh Panglima TNI Laksamana Madya Yudo Margono, Rabu (7/6/2023).

Ini adalah latihan militer bersama pertama yang dilakukan oleh negara-negara anggota ASEAN secara bersama, tambahnya.

"Di waktu yang akan datang, kita akan melaksanakan latihan militer bersama di Laut Natuna Utara, yang akan dinamakan Latihan Solidaritas ASEAN (ENatuna) atau Asec01N," ungkap Margono setelah Pertemuan Panglima Angkata Bersenjata anggota ASEAN ACDFM di Nusa Dua, Bali.

Baca Juga: TNI Angkatan Laut Gelar Latihan Bersama 36 Negara

KRI Usman Harun melintasi Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulaun Riau, Rabu (15/5/2020). Panglima angkatan bersenjata seluruh negara ASEAN kecuali Myanmar memutuskan akan mengadakan latihan militer bersama untuk pertama kalinya. Latihan bersama itu akan digelar di Laut Natuna Utara. (Sumber: Kompas/Muhammad Ikhsan Mahar)

Menurut Laksamana Yudo Margono, 11 panglima militer ASEAN, termasuk Timor Leste, sepakat menjadwalkan latihan militer bersama ini yang rencananya dilaksanakan bulan September tahun ini.

Latihan ini akan berfokus pada keamanan maritim dan penyelamatan SAR, serta pelayanan sosial di wilayah Natuna. Seluruh angkatan bersenjata ASEAN, baik dari angkatan darat, angkatan laut, maupun angkatan udara, akan terlibat dalam latihan ini.



Sumber : Antara / Straits Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x