Kompas TV internasional kompas dunia

Serangan Rudal Jelajah Rusia atas Kota Lviv di Ukraina Tewaskan 5 Orang dan Lukai Puluhan Orang

Kompas.tv - 6 Juli 2023, 22:09 WIB
serangan-rudal-jelajah-rusia-atas-kota-lviv-di-ukraina-tewaskan-5-orang-dan-lukai-puluhan-orang
Rusia meluncurkan serangan rudal jelajah ke kota Lviv di Ukraina barat yang jauh dari garis depan perang. Serangan ini menewaskan setidaknya lima orang di sebuah gedung apartemen, termuda di antara lima korban yang tewas berusia 21 tahun, dan yang tertua berusia 95 tahun. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LVIV, KOMPAS.TV - Rusia meluncurkan serangan rudal jelajah pada hari Kamis (6/7/2023) ke kota Lviv di Ukraina barat yang jauh dari garis depan perang. Serangan ini menewaskan setidaknya lima orang di sebuah gedung apartemen.

Seorang pejabat menyebut serang ini sebagai serangan terberat terhadap wilayah sipil Lviv sejak pasukan Kremlin menyerbu negara tersebut tahun lalu.

Tim darurat dengan anjing pencari menyisir reruntuhan gedung setelah serangan malam hari yang menghancurkan atap dan dua lantai teratas. Menurut pihak berwenang setidaknya 36 orang terluka, seperti laporan Associated Press, Kamis (6/7/2023).

Orang termuda di antara lima korban yang tewas berusia 21 tahun, dan yang tertua berusia 95 tahun, kata Maksym Kozytskyi, Gubernur Provinsi Lviv.

"Wanita ini selamat dari Perang Dunia II, tetapi sayangnya, dia tidak selamat dari invasi penuh skala Rusia ke Ukraina," ujar Kozytskyi.

Puing-puing dan mobil yang hancur memenuhi jalan di luar gedung tersebut, yang menghadap taman kecil dengan ayunan dan peralatan bermain lainnya.

Korban terakhir ditemukan dari reruntuhan berjam-jam setelah serangan itu, dan tujuh orang yang selamat berhasil diselamatkan, kata Kementerian Dalam Negeri Ukraina. Sekitar 180 orang menerima dukungan psikologis setelah serangan itu.

Walikota Lviv, Andriy Sadovyi, mengatakan sekitar 60 apartemen dan 50 mobil di daerah yang terkena serangan mengalami kerusakan. Dia mengumumkan dua hari berkabung resmi.

Baca Juga: IAEA Tidak Temukan Tanda Peledak di Atap PLTN Zaporizhzhia Seperti Tuduhan Ukraina

Rusia meluncurkan serangan rudal jelajah ke kota Lviv di Ukraina barat yang jauh dari garis depan perang, menewaskan setidaknya lima orang di sebuah gedung apartemen, termuda di antara lima korban yang tewas berusia 21 tahun, dan yang tertua berusia 95 tahun. (Sumber: Czech Television)

Duta Besar Amerika Serikat untuk Ukraina, Bridget Brink, menggambarkan serangan itu sebagai "kejam", "Serangan berulang Rusia terhadap warga sipil sangat mengerikan," tulisnya di Twitter.

Pasukan udara Ukraina melaporkan telah mengintersep tujuh dari 10 rudal jelajah Kalibr yang ditembakkan Rusia dari Laut Hitam menuju wilayah Lviv dan kota bernama sama dengan jarak lebih dari 800 kilometer (500 mil) pada sekitar Pukul 1 pagi, Kamis.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x